Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Navigasi Web
Polybag atau Hidroponik?

Polybag atau Hidroponik?

Memiliki lahan sempit tetap bisa bercocok tanam lho. Solusinya dengan menggunakan media polybag atau dengan hidroponik. Keduanya bila dilakukan dengan sungguh-sungguh dan teliti bisa menghasilkan buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentu yang berbeda adalah medianya. Polybag menggunakan media tanah, pupuk, dan vitamin agar tumbuh kembang tanaman dapat maksimal. Demikian juga yang menggunakan media air (hidroponik) juga butuh nutrisi organik agar tanaman subur dan berbuah lebat.

Jenis tanaman yang bisa ditanam di polybag bermacam-macam. Seperti bayam, cabai, tomat, loncang, sledri, strobery, dan sebagainya. Sedang tanaman yang cocok ditanam dengan cara hidroponik juga bermacam-macam, seperti kangkung, tesin, loncang, sledri, tomat, dan lainnya. Sebaiknya ketika menanam sayuran dilengkapi dengan berbagai macam jenis. Tujuannya agar kebutuhan sehari-hari saat memasak bisa terpenuhi dan dapat selang-seling panennya. Maksudnya, ketika bertanam sayur di pekarangan rumah tidak hanya satu jenis tanaman. Jadi ada tanaman sayuran seperti loncang sledri, tomat, cabai, terong, tesin, kangkung, labu siam, dan lainnya. Ketika disayur, masakan dari hasil panen tersebut dapat bervariasi sehingga tidak membosankan.

Bagi yang belum percaya, silakan dicoba. Berkebun di halaman sekitar rumah itu manfaatnya luar biasa. Selain dapat menghemat uang belanja juga bisa untuk refreshing bagi anggota keluarga. Selamat mencoba!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip Bu.

07 Jul
Balas

Hehe...itu terinspirasi tulisan pak Agus, yang berjudul, "Bertanam, Yuk". Aku jadi ingat tanaman-tanaman di rumah, terus jadilah seperti itu pak. Makasih ya sudah singgah mengapresiasi.

07 Jul

Wah tulisan sangat menginspirasi. Hidroponik atau poliback. Memanfaatkan lahan yang terbatas. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

07 Jul
Balas

Alhamdulillah, buah ketekunan itu punya banyak manfaat, bisa bagi-bagi sedikit rezeki dengan tetangga. Terima kasih kunjungannya, jangon bosan mengapresiasi ya pak Mulya. Salam sehat dan sukses pak.

07 Jul



search

New Post