Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sepi Itu

Sepi itu senyap. Senyap itu lengang. Lengang itu sepi yang panjang. Sepi yang panjang menjadi hening. Hening itu sunyi. Sunyi itu diam. Diam dalam kesunyian itu nikmat.

Terdengar kelebat kertas. Tercium udara segar dan angin yang terhempas. Pensil dan penggaris yang terjatuh seperti menggemuruh. Bahkan hembusan napas siswa pun terasa riuh. Detak jarum jam terus memburu batas waktu. Berpacu dengan degub jantung dan detak nadi, mengejar jawaban pasti, jawaban soal-soal yang pelik dan rumit.

Tapi kicau seekor burung di dahan pohon cengkeh itu, seolah menghibur. Suaranya terus terdengar, walau kadang merdu kadang lenyap. Kesunyian pagi itu seperti perjalanan panjang di lembah dan ngarai. Terjal tapi menantang, landai namun harus hati-hati. Seperti siswa yang sedang megerjakan soal PTS itu, sedang diuji nyali berkompetisi dengan dirinya sendiri. Ketika menuntut ilmu, mengasah kemampuan dan keterampilan untuk menaklukkan soal-soal. Tak ada kata menyerah sebelum waktu berakhir. Terus berpacu menggapai nilai sebaik mungkin.

Kicau burung terus berkumandang. Indahnya lengang semakin menghujam atau tambah mencekam. Memang diam dan sepi itu lengang yang tak bertepi. Sunyi jadi batas cakrawala keheningan sejati.

Wonosobo, 8 Maret 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu Eko....penggambaran suasana PTS dengan bahasa yang indah. Barakallah

08 Mar
Balas

Ya bu, betul itu tadi waktu jaga tes. Dari pada ngantuk, saya buat puisi saja haha...makasih ya bu Dyahni yang baik. Salam sehat dan sukses selalu.

08 Mar

Sunyi itu diam, diam itu emas. Semoga sunyi yang hening kan menorehkan tinta emas bagi prestasi siswa di PTS. Salam sehat dan sukses selalu, Mbakku. Barakallah, Srikandi Dieng.

08 Mar
Balas

Amin. Makasih apresiasi dan doanya. Semoga berkilau seperti Dhik Nana yang keren ya.

08 Mar

Bu Eko, saya terhanyut akan sepi dalam tulisan bunda, menikmati hening sepi, merasai dentum swara yang ada. Amboi tulisan yang mnyentuh batas rasa. Terima kasih inspirasinya, semangat berkarya, barakallah. Sukses ya bun

08 Mar
Balas

Terima kasih bu Rita, benar bu, suasana apa pun kalau kita mau menikmati dan mencermati selalu ada ruang untuk berbagi. Semoga bermanfaat, salam sehat dan sukses selalu nggih.

09 Mar



search

New Post