Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berani Bersaing Sehat

Catatan Eko Prasetyo

Pemred MediaGuru

Ada pemandangan menarik yang membetot perhatian saya di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Jika kebetulan Anda berada di situ, perhatikan di terminal kedatangan.

Di sana terlihat tiga kedai roti yang bersandingan dengan tenteram di selasar bandara tersebut. Ketiganya adalah kedai roti Beard Papa’s, Roti’O, dan Roti Boy. Jika sedang menunggu jadwal penerbangan yang cukup lama, saya biasanya nongkrong di kedai Roti’O. Alasannya, di situ ada tempat tunggunya dan kursinya terdapat terminal listrik untuk charging laptop dan ponsel.

Kedai Roti Boy tidak menyediakan tempat duduk bagi pengunjung. Alias hanya melayani take away. Sementara Beard Papa’s, tempat duduknya tidak senyaman lokasi di Roti’O.

Apakah kedai Roti Boy dan Beard Papa’s kalah? Tidak juga. Buktinya, selalu ada pengunjung di tiga kedai roti terkenal itu. Mereka menciptakan pasar masing-masing dengan cara yang kreatif.

Maka, terjadilah persaingan sehat. Beda halnya dengan pemandangan lain di sebuah desa yang pernah saya kunjungi. Ada persaingan tidak sehat yang mungkin di antara Anda pun sudah mengetahuinya. Hal ini terkait kepercayaan terhadap penglarisan.

Jika ada toko pesaing yang usahanya sama dengan si oknum tersebut, bisa-bisa yang terjadi bukanlah adu kreativitas dan inovasi, melainkan guna-guna atau santet demi menjatuhkan usaha si pesaing tersebut.

*****

Saya pikir, berkompetisi secara sehat itu sebenarnya sangat penting. Hal ini bisa melatih kita untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Misalnya, ibu-ibu guru di komunitas MediaGuru berlomba-lomba untuk menurunkan berat badan agar tidak terlalu gemah ripah loh jinawi (baca: ginuk-ginuk). Sejatinya, saya melihat banyak yang sudah berjuang keras seperti melakukan senam pinguin dan senam pilates. Tapi, tak sedikit pula yang gagal karena tak sanggup menahan godaan donat kentang, bolu kukus, dan bakso mercon. Di antara mereka, ada yang cerdas dengan berfoto di sela-sela teman-temannya lalu memiringkan wajah agar pipinya terlihat tirus. Barakallah.

Castralokananta, 15 September 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Mas,, hehe... Segar dan menyegarkan,.. hahaha.. Sukses selalu

15 Sep
Balas

Haha ada juga yang foto dengan kamera terbalik biar kelihatan slim mas

15 Sep
Balas



search

New Post