Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web
Diklat saat Berpuasa

Diklat saat Berpuasa

Apakah Anda bagaimana sejarah Ibu Pertiwi dan silsilah keluarganya? Jika tidak, tak masalah. Sebab, tulisan ini tidak membahas hal itu.

Jadi, pada akhir Maret 2023, IPP Jatim dan MediaGuru mengadakan diklat menulis cerita anak. Lokasinya di BBPMP Jatim, kantor Mami Diyah, editor senior MediaGuru yang juga widyaiswara di sana.

Pematerinya sungguh dahsyat, yakni Bunda Watiek Ideo. Ia dikenal sebagai narsum langganan Kemendikbud dan ahlinya cerita anak. Karyanya lebih dari 300 buku. Bukan main!

Saya merasa sangat beruntung karena tentu saja bisa belajar pada Bunda Watiek. Terutama belajar menulis cerita anak tentu saja. Sebab, sudah lama saya sangat ingin menerbitkan buku anak yang memenuhi kualifikasi mutu yang baik.

Acara ini merupakan gagasan Mami Diyah yang kemudian direalisasikan oleh IPP Jatim. Ia melihat betapa pentingnya menggelorakan literasi melalui cerita anak. Apalagi, bacaan anak yang berkualitas masih terus dibutuhkan di negeri ini.

Tak perlu banyak cingcong, akhirnya acara ini digeber pada akhir Maret 2024. Peserta akan bermalam di BBPMP Jatim. Bagi yang muslim, mereka akan berbuka puasa dan sahur di tempat pelatihan.

Ini tentu menarik. Sebab, bulan suci Ramadan tidak mengendurkan semangat para peserta untuk belajar. Mereka datang dari berbagai kota di Jatim, bahkan ada pendaftar yang berasal dari Kendal, Jawa Tengah.

Dari data panitia, peserta berasal dari Bondowoso, Sumenep, Situbondo, Banyuwangi, Mojokerto, Tulungagung, Pasuruan, dan kota lain di Jatim.

Yang mungkin tidak banyak yang tahu adalah atmosfer pelatihan luringnya IPP Jatim-MediaGuru itu selalu ngangeni. Penuh keakraban dan kekeluargaan. Tidak ada yang merasa lebih hebat karena jabatan dan prestasi. Semua berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah.

Ndak percaya? Ayo ikut diklat ini.

Castralokananta, 14 Maret 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post