Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web

MINAT BACA DIMULAI DARI KOMIK

Saya kolektor komik-komik jadul, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rata-rata saya beli secara online. Tapi, ada pula yang sudah saya miliki sejak masih SD (masih ada di lemari buku saya dengan kondisi sangat terawat).

Kalau ditanya dari mana saya punya minat baca saat SD? Jawabannya adalah komik. Saya rajin membeli komik Petruk-Gareng karya Tatang S. yang legendaris itu.

Tapi, di antara semua koleksi saya tersebut, saya sangat menyukai Superman. Saking gandrungnya, tidak cuma komik, saya juga mengoleksi action figure-nya.

Koleksi berlanjut ke DVD film-film Superman. Menurut saya, film terbaik Superman ya yang dibintangi Christopher Reeves pada 1978 (seri layar lebar).

Semua adegannya sangat epic meskipun dari sisi cerita masih kalah kuat dengan Men of Steel (2013). Satu lagi, yang membuat film Superman (1978) sangat epic adalah musiknya (digubah John Williams). Tak heran jika film ini diganjar penghargaan Grammy untuk best score sountrack for visual media.

Soal spesial efek? Untuk ukuran tahun 1978, wis muantap. Yang penting, jangan bandingkan dengan spesial efek di Men of Steel (2013), jelas jauh.

Intinya, jika bicara minat baca, tak perlu berbusa-busa dengan menjelaskan aneka teori yang rumit agar terlihat intelektual. Berikan saja anak-anak didik Anda komik, insyaallah mereka akan suka. Jangan langsung memberi mereka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Komik Superman-lah yang membuat saya saat kecil sangat gandrung membaca. Tapi, walaupun superhero, tetap saja ada kekurangan dari Superman ini. Walaupun hebat, dia sebenarnya pikun. Dia selalu mengenakan daleman warna merah di luar, tapi ndak ada orang-orang di sekelilingnya yang mengingatkannya. Untungnya, Superman tidak pakai daleman warna pink dengan gambar Hello Kitty.

Castralokananta, 28 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post