Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web
PAK REZA
Sumber: Tribun Network

PAK REZA

The power of social media. Itulah yang terjadi di Kota Bogor saat ini.

Para siswa SDN Cibeureum 1 Kota Bogor menangisi guru mereka, Reza Ernanda, yang hendak berpamitan. Guru honorer tersebut dipecat kepala sekolahnya karena dianggap melaporkan dugaan pungli oleh kepseknya pada PPDB 2023.

Sang kepala sekolah bernama Novi Yeni. Kini reputasinya dipertaruhkan setelah kasusnya viral. Wali Kota Bogor Bima Arya mencopot Novi. Jika terbukti bersalah, Novi terancam sanksi sangat berat.

Sementara Pak Reza diizinkan kembali mengajar oleh wali kota Bogor.

Saya melihat tayangan unjuk rasa yang dilakukan para siswa SD tersebut. Para orang tua mereka pun turut melakukan protes atas pemecatan Pak Reza oleh sang kepala sekolah.

*******

Yang ingin saya soroti di sini adalah sosok Pak Reza. Ia ternyata dikenal memiliki cara mengajar yang sangat baik. Hal itu diakui oleh banyak wali murid. Tak heran jika banyak siswa yang sangat kehilangan tatkala Pak Reza berpamitan usai dipecat Novi Yeni.

Bagi saya pribadi, kasus ini memberikan banyak pelajaran dan perenungan hidup. Pak Reza jelas bukan tipe guru yang sekadar datang, mengajar, lalu pulang. Setidaknya pengakuan para siswanya di media massa yang menangis dan merasa sangat kehilangan ketika berita pemecatan itu heboh di SDN Cibeureum 1.

Tapi, sungguh tidak mudah menjadi guru yang dirindukan seperti Pak Reza. Sebab, umumnya para siswa berteriak gembira tatkala mendengar seorang guru berhalangan mengajar di kelas.

Castralokananta, 14 September 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post