Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pesan Kadisdik Pamekesan

Pesan Kadisdik Pamekesan

Pak Zaini, Kadisdik Pamekasan, pagi ini berbagi pengalaman yang luar biasa. Beliau pernah menganggur di masa mudanya. Menjadi tenaga cleaning service di Toko Assakinah, dekat kampus ITS Surabaya.

"Saya juga menyambi bekerja di sebuah tempat fotokopi. Bayarannya waktu itu Rp60 ribu," tuturnya di depan sekitar 50 guru peserta pelatihan satu guru satu buku di Hotel Cahaya Berlian, Pamekasan.

Menurut Pak Zaini, literasi itu harus mampu mengubah perspektif. Sebagai contoh, ia pernah terinspirasi setelah membaca kisah sukses Anthony Robins. Motivator kelas dunia asal Amerika ini pernah hidup dalam masa-masa sulit dan melalui perjuangan kerasnya tanpa tujuan jelas.

Pak Zaini pun termotivasi untuk menjadi sosok yang dapat berbagi kebaikan pada sesama. Ia lantas memilih jalan pedang sebagai guru. Sebagai pendidik, ia menulis sebuah buku bertema tanya jawab.

So, apa poin pentingnya terkait literasi membaca dan menulis? Pak Zaini menegaskan bahwa membaca sesungguhnya dapat mengubah cara pandang seseorang.

"Jika seseorang berpikir bahwa dirinya tidak mampu, maka cara berpikir itu akan terbawa dan memengaruhi hidupnya. Sebaliknya, apabila ia berpikir mampu melakukan sesuatu, ia akan mampu mewujudkannya," tegasnya.

Pak Zaini sungguh sosok pejabat yang rendah hati. Ia juga pejuang karena pernah melalui masa-masa sulit dalam fase perjalanan hidupnya.

Ia membuktikan bahwa membaca buku mampu mengubah cara pandang seseorang sehingga dapat menentukan arah hidup untuk meraih keberhasilan.

Tapi, menurut saya, tentu tidak semua bacaan itu cocok untuk kita terapkan. Misalnya, buku yang mengusung topik "sukses membina dua dapur". Kalau nekat, risikonya silakan ditanggung sendiri. Sah!!

Castralokananta, 15 Juni 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren banget

15 Jun
Balas

Haha.. Maunya... Essip pak pemred.. Semoga sehat selalu

15 Jun
Balas

Luar biasa ulasannya Pak Eko, semoga sehat selalu

15 Jun
Balas

Luar biasa, Pak Zaini. Terima kasih, Pak Eko ulasannya. Salam sukses dan sehat selalu!

15 Jun
Balas

hehehe Pak Eko bisa aja niihhh, mantap tulisannya..salam sehat dan sukses selalu

15 Jun
Balas



search

New Post