Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web

Rapor Guru Itu Bernama PMM

Dalam diskusi di grup No Baper, saya mendapat kiriman salinan terkait platform merdeka mengajar (PMM) sebagai penilaian kinerja baru bagi para guru. Salinan itu saya peroleh dari Ibu Nadya (SMKN 8 Pontianak) dan Ibu Emi Priyanti (SMPN 30 Jakarta).

Karena itu, jangan heran jika Anda mendapati grup-grup WA dibombardir info webinar. Sebab, ikut webinar ternyata poinnya sangat signifikan sekarang jika merujuk pada PMM.

Ya, ”rapor” guru bakal berubah secara komprehensif. Sebelumnya, parameter kinerja guru dilakukan melalui sasaran kinerja pegawai (SKP) lewat e-kinerja.

Kini semuanya menyongsong PMM. Rencana hasil kinerja (RHK) akan ditempatkan di PMM. Sebagai instrumen penilaian kinerja guru yang anyar, ada bobot dan nilai khusus dari Kemendikbudristek.

Ini akan menyisakan soal bagi guru-guru yang masih gaptek. Sebab, mau tidak mau, mereka tetap menjalani situasi ini. Apalagi, pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi digital itu merupakan keniscayaan zaman.

Tapi, saya tidak akan membahas lebih jauh dan lebih mendalam soal ini. Sebab, PMM sore tadi baru saja ”menelan” korban.

Ada guru di Jakarta yang saking sibuknya ngurusi PMM sampai tak sadar ada siswanya yang sedang cukur rambut masuk ke parit. Biyuh!

Castralokananta, 23 Januari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasannya keren banget

23 Jan
Balas

Capek lah ...

23 Jan
Balas

Duh kasihan muridnya

23 Jan
Balas



search

New Post