Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web

Riset Praproduksi

Saya pernah menekuni dunia copywriter dan ghostwriter (nama saya tidak tercantum di buku yang saya tulis). Sebuah pekerjaan yang melelahkan. Pasalnya, saya harus riset sebelum tulisan betul-betul dibuat. Waktunya pun tidak sebentar. Bisa berbulan-bulan.

Ini mirip pengalaman Pak A.R. Yatim. Pada 1982, film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI dibuat (ditayangkan tahun 1984) dan dia merupakan penata kostumnya.

Dalam film yang disutradarai Arifin C. Noer itu, Pak Yatim harus melakukan riset praproduksi selama empat bulan. Riset dilakukan mulai mencari tahu detail seragam militer pada 1965. Mulai seragam RPKAD (kini Kopassus), KKO AL (kini Marinir), Pasukan Gerak Tjepat/PGT AURI (sekarang Kopasgat TNI AU), hingga pakaian yang dipakai para korban (6 jenderal dan 1 perwira pertama) di sumur Lubang Buaya, Pondok Gede.

Riset harus detail betul. Misalnya, seragam dinas harian Jenderal A.H. Nasution yang saat itu menjabat Menko Hankam/KSAB. Untungnya, Pak Yatim dibantu militer soal informasi dan detail seragam militer kala itu. Bahkan, Pak Nas (Jenderal Nasution) meminjamkan pakaian dinas aslinya untuk keperluan syuting film fenomenal tersebut.

Dari pengalaman saya, riset harus dilakukan dengan dua cara, yaitu riset literatur dan riset lapangan. Literatur inilah yang tidak mudah, apalagi jika tokoh yang saya tulis bukanlah orang yang sering nongol di media. Karena itu, riset lapangan seperti wawancara langsung dan melihat lokasi-lokasi tempat si tokoh itu beraktivitas menjadi sangat penting. Sangat menentukan.

Dunia ghostwriter membuat saya belajar banyak hal, baik dari si tokoh yang saya tulis maupun riset-riset yang saya lakukan saat itu. Ini dunia yang menantang karena saya tidak akan mendapatkan nama dan panggung ketika sebuah buku tersebut sukses di pasaran.

Saya akhirnya meninggalkan dunia ghostwriter karena alasan fisik yang makin menua. Apalagi, saya sudah ndak kuat berjalan dari Surabaya ke Semarang sejauh sekitar 300-an kilometer. Hiks...

Castralokananta, 26 Mei 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sehat selalu pak pemred... Barokalloh...

31 May
Balas



search

New Post