Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web
Teman Terbang

Teman Terbang

Tim redaksi MediaGuru yang terdiri atas Pak CEO, saya, Om Roy, dan Mas Yasin kali ini subuhan di Bandara Juanda. Kami terbang pagi-pagi sekali untuk menuju Bandara Hang Nadim di Kota Batam.

Penerbangan Surabaya-Batam ditempuh sekitar 2 jam 10 menit. Kami menumpang maskapai berlogo kepala singa.

Untuk membunuh kebosanan, saya bawa buku dari rumah. Judulnya Menulis Tertib dan Sistematik. Yang nulis adalah sosok legendaris di bidang bahasa Indonesia, khususnya topik-topik kepenulisan, yaitu Jos Daniel Pareira.

Saya pernah menggunakan buku ini dahulu saat berkuliah di jurusan bahasa Indonesia di IKIP Surabaya (Unesa). Terutama mata kuliah yang berkaitan dengan linguistik.

Yang saya baca ini merupakan terbitan edisi kedua tahun 1986. Terbitan pertamanya dirilis tahun 1984. Sementara yang pernah saya pakai di perkuliahan linguistik dulu edisi revisi tahun 1993.

Percayalah, jika Anda bergelut di bidang kepenulisan dan penyuntingan, buku ini masuk kategori wajib baca. Isinya, meskipun sangat ilmiah, sangat enak dibaca dan mudah dipahami.

Ilmu komposisi, teknis gaya penulisan, dan ketatabahasaan disajikan dengan lugas serta komplet. Saya melihat beberapa konten buku ini menjadi salah satu literatur yang ada di PUEBI dan EYD V (versi mutakhir dari PUEBI). Misalnya, penulisan singkatan, akronim, pembentukan istilah, dan lain-lainnya.

Buku ini bisa menjadi nostalgia sekaligus alat untuk menyegarkan ingatan tentang ilmu bahasa Indonesia. Saya pun demikian. Bernostalgia masa kuliah. Terutama saat ketahuan ngopi di kantin pas jam kuliah dosen killer.

Lion Air JT-971, 17 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Mas Eko. Semoga sehat dan sukses selalu.

18 Jan
Balas



search

New Post