Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web

Webinar Gratis yang Tidak Gratis

Apa tanda-tanda seseorang mulai tua? Jawablah dengan cara melakukan praktik baik (best practice). Coba ajak rekan Anda ke depot atau resto. Kalau minuman yang dia pesan adalah teh tawar, fixed itu tanda-tanda memasuki usia senja! Sebab, ada kadar gula yang harus dijaga.

Oke sekarang saya bicara pada topik inti. Awal Januari 2024 ini, berseliweran flyer webinar di grup-grup WA.

Bunyi kalimat awalnya seperti ini: “Ikutilah Diklat Nasional 360 jam bla bla bla… Gratis!!”

Di bawahnya ada keterangan teks yang membuat saya heran. Bunyinya kurang lebih seperti berikut ini.

“Sebarkan ke 5 grup WA…..”

Lho, katanya gratis? Kok ada pamrih sebarkan ke grup-grup WA?

Terus makna gratis di situ apa? Namun, kadang ya ada saja yang tidak kritis atau memang ingin mengejar sertifikat webinar tersebut demi poin besar dalam aturan terbaru soal ini (FYI, dalam aturan terbaru, karya buku tidak lagi mendapatkan poin).

Saya tidak mempersoalkan poin, e-kinerja, PMM (sehingga banyak guru berlomba-lomba memenuhi ini, bahkan ada yang berusaha mendapat SK keorganisasian), dan sejenisnya. Yang saya permasalahkan adalah webinar model beginian.

Kalau mau berbagi ilmu dengan gratis, ya tak perlu ada embel-embel apa pun. Gratis ya gratis.

Kalaupun ada webinar atau diklat berbayar dengan mencantumkan biayanya, saya malah lebih respek.

Webinar MediaGuru selalu gratis dan tidak ada embel-embel syarat harus share flyer ke grup-grup WA. Ilmu dapat, sertifikat juga dapat. Gratis.

Kalaupun ada diklat yang berbayar di MediaGuru, itu pun diinformasikan dengan jelas berapa biayanya, ke rekening mana transfernya, dan link pendaftarannya. Contohnya, Februari mendatang akan ada kelas cerpen dan kelas bahasa yang akan saya pandu secara online di MediaGuru. Berbayar, tapi masih ramah kantong guru. Don’t miss it

Castralokananta, 20 Januari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pokoknya semoga bisa ikut pelatihannya

23 Jan
Balas



search

New Post