Ela Vera Rahmawati

Diangkat menjadi CPNS pada tahun 2006 di SMP Negeri 8 Banjar Kota Banjar Provinsi Jawa Barat sampai sekarang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

PEMBUATAN SOAL UNTUK AKTIVITAS USBN

Tantangan hari ke-80

#Tantangan Gurusiana

Memang seperti biasa dan sudah menjadi rutinitas setiap tahun, ketika kelas IX akan melaksanakan Ujian Sekolah, maka MGMP IPS akan membuat kisi-kisi dan soal secara bersama. Hal ini dilakukan supaya terjadi keseragaman dalam tingkat kesulitan soal.

Untuk MGMP IPS sendiri biasanya mengundang seluruh Guru IPS Se-Kota Banjar baik yang ada di sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Kami semua biasanya berkumpul di sekretariat mapel IPS yaitu di SMP Negeri 1 Banjar.

Karena pada tahun 2018 belum semua sekolah menerapkan kurikulum 2013, maka untuk memudahkan pembuatan soal, akan dibentuk 2 kelompok besar, yaitu sekolah dengan kurikulum 2013 dan sekolah dengan kurikulum KTSP.

Setelah itu dalam kelompok besar tersebut dipecah lagi menjadi 3 kelompok yaitu guru yang mengajar Kelas 7,8 dan 9.

Ketika kelompok ini sudah terbentuk, maka ketua kelompok membahas tentang pembagian tugas kepada setiap anggota untuk membuat soal.

Namun sebelum membuat soal, dibuat terlebih dahulu kisi-kisi soal dengan rincian sebagai berikut :

Kompetensi Dasar, Materi, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), level kognitif, tingkat kesukaran.

Setiap guru diberikan keleluasaan untuk membuat soal berdasarkan tingkatan/kelasnya, tentunya berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pada pertemuan selanjutnya, setiap kelompok memilih dan memilah soal yang sudah dibuat oleh anggota.

Pembuatan soal terbagi menjadi 2, yaitu soal utama dan soal susulan.

Pemilihan soal dilakukan secara bersama-sama dalam kelompok kecil (jenis kurikulum tiap jenjang/kelasnya).

Soal kemudian dikaji dengan seksama, karena soal harus terbagi menjadi 3 jenis level kognitif, yaitu pemahaman, aplikasi dan Penalaran.

Banjar, 29 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dengan kerja sama yang baik, semua permasalahan bisa mendapatkan solusi. Demikian pula dalam penyusunan soal. Pasti cepat selesai jika dilakukan dengan kerja sama yang saling mendukung.

30 May
Balas

betul bu. alhamdulillah untuk MGMP IPS KOta banjar selalu terjalin kerjasama yang harmonis.

30 May



search

New Post