Ela Vera Rahmawati

Diangkat menjadi CPNS pada tahun 2006 di SMP Negeri 8 Banjar Kota Banjar Provinsi Jawa Barat sampai sekarang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

WEBINAR 4 (BAG. 2)

Tantangan Hari Ke-95

#Tantangan Gurusiana

Pembahasan selanjutnya adalah tentang masalah pokok dalam webinar ini yaitu majalah literasi Indonesia.

Narasumber pertama adalah Mas Eko Prasetyo.

Seperti biasa beliau menyampaikan materi dengan nada serius namun selalu diselingi oleh gaya humor tingkat tingginya. Maklumlah ketika kita tidak paham dengan candaannya maka akan gagal fokus alamat ga akan tertawa.

Seperti pada saat beliau mengatakan bahwa tim editor majalah literasi akan sangat selektif terhadap artikel yang masuk. Karena tim tidak akan menjamin artikel dimuat dalam majalah literasi indonesia selama artikel tersebut belum dikirim. 🤭

Pada kesempatan ini dibahas tentang persamaan dan perbedaan antara traditional Media vs New Media.

Persamaan dari keduanya adalah sama-sama media yang digunakan untuk membagikan informasi.

Perbedaannya adalah

Dari segi karakteristik

a. Media traditional :

1. Sifatnya terbatas.

Hal ini dikarenakan tidak setiap orang membaca media tersebut dikarenakan berbagai alasan.

2. Bersifat satu arah artinya apabila ada kolom komentar, kritik, pertanyaan, maka tidak dapat langsung ditanggapi oleh penulis. Memerlukan waktu tambahan.

3. Menggantungkan pada suatu indera.

Misal koran, majalah, buku dan yang sejenisnya sangat meggantungkan pada indera penglihatan, radio sangat tergantung pada indera pendengaran dan televisi memerlukan indera yang ebih lengkap yaitu mata dan telinga.

Sementara new media mempunyai karakteristik :

1. Lebih interaktif.

Dapat dimuat di berbagai media komunikasi yang sifatnya lebih luas.

2. Bersifat dua arah artinya apabila terjadi ketidakjelasan atau ada kritik dan pertanyaan dari audien dapat langsung ditanggapi penulis.

3. Mengintegrasikan semua aspek.

Banjar, 13 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip dah... Sukses webinar 4

14 Jun
Balas

Baru sekali ikut.... Mantap bu..

14 Jun

Alhamdulillah mendapat paparan yang lengkap tentang webinar. Sayang, saya tak sempat ikut kegiatan. Tiba-tiba saja ada hal yang harus diselesaikan. Mantap, Buncan!

14 Jun
Balas

Makasih bu...Sayang sekali ya bu,,memnag setiap keg media guru pasti bagus...Lagi sibuk ya bu...

14 Jun

Tiba-tiba saja ada yang harus diselesaikan, Bun. Jadi tak sempat buka laptop

15 Jun

Terima kasih atas paparannya. Kemarin saya sudah mendaftar tapi tak sempat ikut pada waktunya.

14 Jun
Balas

mantap, dan semoga makin sukses tulisan temanku gurusianer

14 Jun
Balas

Ya pa makasih atas semangatnya...

14 Jun

sama-sama bu

14 Jun



search

New Post