Eliana Safitri lubis

Assalamualaikum wr.wb. Salam kenal sebelumnya dengan sahabat-sahabat guru se-Indonesia. Saya Eliana Safitri Lubis, S.Pd. Lahir di Medan. Menamatkan kuliah tahun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengawas sejati

Pengawas sejati

Pengawas ujian dituntut untuk teliti, jujur, dan mampu berkomitmen. Komitmen yang diharapkan seperti tidak memberikan jawaban ke siswa, tidak membantu siswa dalam menyelesaikan ujian, mampu mengawas ujian dengan baik serta beberapa tugas lainnya termasuk etika mengawas.

Selain hal di atas pengawas juga sangat dituntut untuk teliti. Mengapa? Ternyata ada beberapa lembaran yang harus diisi oleh pengawas. Salah satunya adalah pengisian absensi siswa lengkap dengan no urut peserta dan namanya. No urut peserta harus tercatat berurutan dan sinkron dengan denah ujian. Agar kekeliruan tidak terjadi adalah dengan memahami digit no siswa. Deretan digit pertama biasanya merupakan kode provinsi, selanjutnya kode daerah dan diikuti no urut siswa. Untuk kode provinsi dan daerah ujian biasanya setiap siswa memiliki digit yang sama.

Selain hal tersebut pengawas juga harus memiliki etika dalam mengawas. Diantaranya adalah tidak berdiskusi antara sesama pengawas apalagi sambil terbahak-bahak, mensilentkan HP, jangan sampai deh kita menelepon di ruang ujian, tentunya sangat menganggu siswa. Hal penting lainnya adalah tidak keluar masuk dari ruangan selama pelaksanaan ujian. Hal-hal sepele terkadang mengganggu siswa dalam menyelesaikan ujian. Jangan sampai peserta ujian membuat status di medsos karena keteledoran dan kesepelean kita dalam mengawas. Dua jam mengawas memang membutuhkan kesabaran dan komitmen yang tinggi. Rasa kantuk dan godaan lain bisa saja datang. Oleh karena itu, komitmen yang tertuang dalam fakta integritas harus kita laksanakan dengan baik insya Allah kitalah pengawas sejati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul, Bu. Pengawas selain hrs teliti juga hrs dpt menjaga perilaku selama bertugas.

11 Apr
Balas

Iya pak kasek... Sangat setuju...

11 Apr

Pingin ya setiap pengawas seperti diterangkan Bu Eliana... Tapi, situasi lapangan banyak godaannya .....

11 Apr
Balas

Iya pak saya pun merasakannya...Kalau ngantuk lagi payah kali nahannya...

11 Apr



search

New Post