Eliana Safitri Lubis

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Salam Literasi...Salam Sejahtera... Perkenalkan nama saya Eliana Safitri Lubis. Berasal dari Kota Medan-Sumatera...

Selengkapnya
Navigasi Web
Biip....Biipp...

Biip....Biipp...

Oh, sudah akhir bulan pikirku tadi sore. Pantesan meteran listrik rumah sudah kedap-kedip sembari mengeluarkan suara...."biip...biip". Waduh, kok rasanya sesuatu yah. Apalagi jika tak segera diisi jeritan meteran listrik akan semakin nyaring...dan 'tek' bisa saja semuanya langsung padam.

Usai mandi dan istirahat sejenak, kuambil HP dan mulai melakukan transaksi via mobile banking. Idpel PLN yg terdiri dari 12 digit sebelumnya saya tuliskan di selembar kertas agar memudahkan bertransaksi. Selang beberapa menit transaksi sukses dan nomor stroom token yang terdiri dari 20 digit pun muncul. Langsung screenshoot, gak pakek nyatat-nyatat lagi, menuju token, dan mengentri 20 digit dengan penuh saksama. Alhamdulillah, biipp....biippp pun menghilang. Plonggg.

Entah mengapa kok mendengar suara tersebut ada sesuatu yang saya rasakan. Entah khawatir listrik padam seketika, atau entah khawatir dengan tingginya biaya listrik. Entahlah... Pokoknya ada sesuatu aja. Rasanya kok gak nyaman gitu yah tanpa listrik.

Akhirnya teringat dengan jam bumi yang diistilahkan dengan earth hour. Jam bumi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh dunia dengan mematikan listrik selama 60 menit atau satu jam pada pukul 20.30 - 21.30.

Jam Bumi tahun 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret serentak di seluruh dunia. Matikan listrik mu hanya sejam saja dalam setahun ternyata manjadi salah satu bentuk kepedulian kita terhadap bumi tercinta.

Bayangkan saja jika ternyata bumi butuh jam yang lebih banyak. Seminggu sekali misalnya, atau bahkan sekali sehari. Sanggupkah kita? Dengan semakin tergantungnya kita pada energi listrik ini maka kemungkinan jawabannya TIDAK.

Jadi, mumpung jam bumi hanya sekali dalam setahun, Yuk, kita ikutan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kok suaranya beda, Bu Eliana? Kalau di daerah saya bunyinya bukan "bip...bip...", tapi "tit...tit...tit...." Ternyata saat tanggal tua listrik pun ikut beraksi.

29 Jan
Balas

Hahahaha...Iya pulak ya pak Edi...Beda tanggal beda suara ya pak.... Hehe...

29 Jan

Betul Bund, saya juga sering terganggu dengan bunyi sepeeti itu. Sukses selalu dan barakallah

30 Jan
Balas

Pengalaman yg sama ya bunda... sehat dan sukses selalu ya Bunda

30 Jan



search

New Post