Elida sustia

Pengajar di SMAN 39 Jakarta, Aktif di MGMP Ekonomi Wilayah Jakarta Timur 2...

Selengkapnya
Navigasi Web
SERUNYA RAPAT DINAS MENGGUNAKAN MEDIA MEET (GOOGLE HANGOUT)
Rapat dinas dan rapat koperasi media meet (google hangout)

SERUNYA RAPAT DINAS MENGGUNAKAN MEDIA MEET (GOOGLE HANGOUT)

SERUNYA RAPAT DINAS MENGGUNAKAN MEDIA MEET (GOOGLE HANGOUT)

Penulis: Elida Sustia

Jam 09.30 peserta rapat sudah standby di depan laptop menunggu rapat dinas dimulai. Di tampilan monitor laptop masing-masing ada yang bisa keluar gambar, tidak keluar suara ada juga yang keluar suara tidak keluar gambar, ada juga yang keluar masuk rapat karena sinyal yang timbul tenggelam. Karena tidak pasang wifi, saya pakai tethering yaitu sebuah cara untuk berbagi koneksi internet antara smartphone atau perangkat mobile dengan koneksi 3G dengan perangkat lain. Sinyal saya juga timbul tenggelam akhirnya tambah paket data lagi, baru lancar.

Jam 09.45 peserta rapat sudah harus mengisi absen online. Jam 10.00 rapat dinas dimulai. Ada beberapa agenda yang dibahas diantaranya pembagian SKL dan rapor kelas XII, karena physical distancing maka pembagian SKL dan rapor kelas XII dilakukan harus mengacu pada protokol kesehatan utuk mengatasi penularan covid-19, yaitu dengan cara drive thru (tidak turun dari kendaraan) mobil atau motor yang mengantar siswa parkir di halaman sekolah dan per hari dijadwalkan hanya 2 kelas, mulai pukul 8.00 sd 12.00.

Tentunya untuk pelepasan juga dilakukan secara online. Inilah pelepasan siswa yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang biasa diadakan di gedung dan berbagai pementasan seni siswa ditampilkan, bahkan untuk MC biasanya menggunakan 2 bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Beberapa bulan sebelumnya perwakilan orang tua sudah sibuk mempersiapkan segala sesuatu mulai dari gedung dan sarana prasarana yang dibutuhkan, pengisi acara dan tidak ketinggalan konsumsi.

Rapat panitia dilaksanakan tidak hanya satu dua kali tapi berkali-kali supaya semua acara berjalan lancar sesuai rencana. Dan semua siswa kelas XII yang tamat tahun itu hadir ditambah 1 orang tua per siswa. Jika siswa ada 10 kelas dengan total 360 siswa maka ditambah dengan orang tua jumlahnya 720 orang ditambah lagi guru dan staf administrasi dan panitia dari kelas X dan XI. Bisa dibayangkan ramenya suasana acara lepas kenang atau perpisahan ini.

Semua itu tentu tidak terjadi di tahun ini, inilah yang membuat anak-anak dan guru sedih tapi percayalah semua ada hikmah karena lulusan tahun ini adalah generasai yang istimewa, yang kuat menerima ujian yang tidak pernah dialami generasi sebelumnya yang juga tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Inilah pesan untuk siswa yang tamat tahun 2020,kalian masuk awal sekolah diantar oleh orang dan dititipkan kesekolah untuk didik selama kurang lebih 3 tahun. Dan kalian tamat tidak ada acara lepas kenang, tidak ada jabat tangan dan rangkulan dari guru-guru dan foto bersama dengan wali kelas. Kalian harus kuat menerima keadaan ini dengan sabar dan pada waktunya nanti akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan karena semua dilakukan secara online, mulai dari US sampai pelepasannya.

Rapat dinas berlangsung kurang lebih satu jam, setelah itu dilanjutkan rapat koperasi. Rapat yang ke dua ini memang seru karena membahas masalah SHU koperasi, Rapat Anggota Tahunan ini tertunda yang seharusnya dilaksanakan awal tahun 2020, tapi karena satu dan lain hal baru bisa dilakukan hari ini.

Keuntungan atau SHU koperasi yang selalu meningkat membuat anggota makin senang karena pada akhirnya SHU per individu yang diterima juga meningkat. Hanya sedikit yang menjadi perdebatan panjang karena jumlah cadangan koperasi ada yang usul dibagi, ada yang usul untuk menambah modal koperasi atau untuk berjaga-jaga jika terjadi kerugian koperasi.

Panjangnya pembahasan pada rapat koperasi sempat break dulu 15 menit untuk melaksanakan sholat zuhur. Setelah itu rapat dilanjutkan kembali dan berakhir sekitar pukul 14.30.

Akhirnya sesuai kesepakatan rapat anggota tahunan koperasi diputuskan 25% dari SHU disisihkan untuk cadangan koperasi.

Sebenarnya ada tiga rapat yang direncanakan hari ini, namun karena sudah sore, maka rapat yang ketiga yaitu rapat lepas kenang kelas XII tahun 2019/2020 dilanjut besok pagi, Jumat 9 Mei 2020 pukul 10.00 sampai selesai.

Jakarta, 8 Mei 2020

#tatangan menulis gurusiana

#tatangan menulis hari ke-28

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap....semangat terus bu elida

09 May
Balas

Sukses terus ya momy

09 May
Balas

Semangat terus Bu Elida dan semoga sukses yaaaa....

09 May
Balas



search

New Post