Elis Setyowati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ada Jumat Religi di Sekolahku (tantangan menulis hari ke 45)

Ada Jumat Religi di Sekolahku (tantangan menulis hari ke 45)

 

Jumat terakhir di sekolahku SDN Tambaksari III/159 Surabaya adalah Jumat religi. Dimana setiap pagi mulai pukul 06.30-07.30 diisi kegiatan-kegiatan religi. Untuk yang beragama muslim berkumpul di halaman sekolah dan yang Nasrani kegiatan di dalam kelas.

Pagi ini Jumat religi untuk yang beragama muslim diawali dengan kegiatan membaca surat-surat pendek, dilanjutkan dengan sholat Dhuha berjamaah, dan kultum.

Tema kultum hari ini adalah tentang sopan santun. Pak Sugeng guru agama Islam di sekolah akan menjelaskan mengenai sopan santun dengan sangat apik. Sederhana tetapi mengena. Berikut isi rangkuman kultumnya.

Sopan santun (adap) dibagi menjadi 3

1. Sopan santun kepada Allah

Tidak akan diterima ibadah seorang umat jika tidak khusuk dalam menjalankannya.

Dari firman tersebut berarti beribadah pun harus mempunyai sopan santun. Contohnya  yaitu khusuk ketika sholat dan berdoa. Jika tidak khusuk dalam beribadah maka ibadah tidak akan di terima.

2. Sopan santun kepada manusia

Sopan santun kepada manusia adalah Terutama kepada orangtua. 

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW "Siapa yang tidak mempunyai sopan santun kepada orangtua maka tidak kan dicintai Allah"

Bagaimana caranya dengan kata sopan kepada mereka tidak berkata keras bahkan membentaknya. .Berkata ah, ih kepada orangtua itu termasuk dosa besar

Belajar dari kisah Nabi Ibrahim AS.  Orangtuanya beliau adalah  pembuat patung dan menyembahnya. Nabi Ibrahim tidak mau mengikuti ayahnya yaitu menyembah patung. Lalu diusirlah nabi Ibrahim oleh orangtuanya.

 nabi Ibrahim melawan, membentak, atau memungsuhi ayahnya? Jawabnya adalah tidak. Beliau tetap menghormati orangtuanya dan dengan sopan keluar dari rumahnya.

Contoh sopan selanjutnya adalah ketika Lewat di depan orangtuamu harus jalan sambil menundukkan badanmu. ini termasuk adap menghormati orangtua. Sehebat apapun engkau kelak, harus tetap hormat kepada orangtua. Karena tanpa orangtua kita tidak akan bisa menjadi orang hebat.

Ketika orangtua duduk di bawah. Haram seorang anak duduk di atas. Karena ini termasuk sikap tidak sopan. Seorang anak tidak boleh duduk lebih tinggi dari orangtua.

Ini juga berlaku kepada ornagtua ke 2, guru di sekolah

Barangsiapa yang tidak sopan dan santun kepada orangtua dan gurunya

Maka ilmunya tidak akan bermanfaat.

 

Ketiga sopan santu kepada lingkungan

maksudnya adalah kita harus memiliki sopan santun kepada lingkungan dengan cara  Menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan.

Contoh yang paling sederhana adalah Selalu menjaga kebersihan lingkunga. Membuang sampah pada tempatnya dan selalu membersihkan lingkungan sekitar dari sampah.

Sabda Nabi Muhammad SAW " Annadofatu minal iman" artinya kebersihan sebagian dari iman

Jika orang bersikap jorok maka iman orang itu akan berkurang. Maka orang yang hidup jorok, yang tidak menjaga kebersihan tidak layak masuk surga.

Jadi jika kita melakukan 3 sopan Santu ini kita akan dicintai Allah dan layak mendapat surganya.

Bagaiman cukup menarik bukan kultumnya. Setelah mendengar kultum pak Sugeng memimpin Doa bersama. Lalu anak-anak dengan tertib merapikan alat sholatnya dan kembali ke kelas masing-masing. Kegiatan Jumat religi usai anak-anak kembali pembelajaran seperti biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kerennya

07 Mar
Balas



search

New Post