Elis Setyowati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Stop Membuang Limbah Minyak Jelantah! Yuk Sulap jadi Uang (58)

Stop Membuang Limbah Minyak Jelantah! Yuk Sulap jadi Uang (58)

Siapa yang tidak mengenal minyak jelantah (minyak sayur bekas penggorengan)? Minyak ini hampir di seluruh rumha tangga mempunyai ya. Menurut penelitian minyak yang telah dilakukan pemanasan 3x sudah tidak dpat digunakan kembali karena dapat mengganggu kesehatan tubuh. Oleh karena itu minyak jelantah ini setelah bererapa kali pemakaian menjadi benda yang tak terpakai dan tak jarang di buang ke selokan.

Lalu apakah tak masalah jika di buang di selokan? Tentu saja menjadi masalah karena akan mencermati air sungai ataupun laut. Minyak termasuk benda cair yang tidak dapat menyatu dengan air. Massa jenisnya pun lebih ringan daripada air sehingga ketika di buang ke selokan dan menyatu dengan air selokan atau air, minta jelantah ini akan mengapung di permukaan air sehingga dapat mengganggu proses daur air yaitu penguapan air. Karena seluruh permukaan air akan tertutup oleh limbah minyak jelantah.

Selain itu tak kalah berbahaya adalah akan mengganggu ekosistem sungai. Hewan dan tumbuhan sungaipun akan terancam mati. Oleh karena itu stop sedari sekarang membuang limbah minyak jelantah ke selokan/sungai.

Lalu jika di rah banyak terdapat minyak jelantah harus kita apakan? Salah satu hal yang paling efektif dan ekonomis adalah dengan menjual minyak jelantah ke pengepul minyak jelantah. Minyak ini nantinya akan di oleh sebagai bahan bakar bermotor (BBM) arternatif yaitu bisa di olah menjadi biosolar. Bahan pengganti solar.

Selain itu tak jarang di tangan orang-orang kreatifinyak jelantah dapat di olah sebagai bahan dasar lilin. Sehingga minyak jelantah yang sebelumnya di buang bisa menghasilkan uang.

Di SDN Tambaksari III mulai awal tahun 2020, dilakukan kegiatan pengumpulan minyak jelantah. Setiap hari Jumat di Minggu pertama mereka membawainyak jelantah dari rumah di kumpulkan ke sekolah. Minyak ini nantinya akan di jual dan sebagaian akan di olah menjadi lilin-lilin cantik. Dari minyak jelantah yang sebelumnya barang tak terpakai (lebah) akan menjadi batang yang berguna. Yang penting lagi adalah mengedukasi anak-anak bahwa limbah minyak jelantah bisa di manfaatkan menjadi barang yang lebih berguna.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Super sekali bunda..

13 Mar
Balas

Jempol

14 Mar
Balas



search

New Post