Ella Yaumil Afiana

Saya hanyalah seorang guru di salah satu madrasah tsanawiyah di kabupaten Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Kurikulum Merdeka Secara Berkala
waka kurikulum, kepala madrasah MTsN 1 Jember, Bu Eny Rusmiyati (instruktur kurikulum merdeka), dan pemimpin redaksi Masmedia Jember

Belajar Kurikulum Merdeka Secara Berkala

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru yang saat ini mulai diterapkan di Indonesia. Hal baru ini wajib dipelajari oleh guru-guru sebagai pelaksana kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka mengedepankan kemerdekaan siswa-siswi dalam belajar dan guru dalam melakukan proses mengajar dan evaluasi. Kurikulum merdeka pula menitikberatkan pengalaman anak-anak dalam belajar. Sehingga dalam kurikulum merdeka terdapat proyek yang harus dilaksanakan.

Dalam proses belajar ini untuk menerapkan kurikulum merdeka yang maksimal maka perlu diadakannya workshop secara berkala bagi guru-guru. Maka dari itu, pada tanggal 29 Oktober 2022 diadakan workshop implementasi kurikulum Merdeka. Workshop tersebut bekerja sama dengan Masmedia dan sebagai narasumber adalah Eny Rusmiati, S.Pd. Beliau tergabung ke dalam guru penggerak sekaligus kepala sekolah di SMPN 1 Jenggawah.

Dalam workshop tersebut beliau menyampaikan terdapat 3 kategori sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Saat ini sendiri MTsN 1 Jember merupakan salah satu madrasah tsanawiyah di kota Jember yang terpilih menjadi madrasah pilot project dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka MTsN 1 jember masih dalam tahap mandiri belajar. Akan tetapi bu Eni mengacungi jempol serta mengapresiasi karena madrasah kami sudah bisa melaksanakan proyek pertama kami dengan tema hidup berkelanjutan dan adab dengan sangat baik sehingga menghasilkan produk. Jadi meskipun madrasah kami masih dalam tahap mandiri belajar akan tetapi implementasinya sudah mencapai tahap mandiri berubah. Beliau juga mengenalkan aplikasi kurikulum merdeka yaitu merdeka mengajar. Meskipun kami para guru madrasah tidak memiliki akses untuk membuka aplikasi merdeka mengajar, kami berharap madrasah kedepannya di bawah naungan kementrian agama memiliki aplikasi yang serupa dengan aplikasi merdeka mengajar.

Terimakasih Bu Eni atas ilmu yang diberikan. Semoga saling berbagi pengalaman seperti ini dan silahturahmi antara SMPN 1 Jenggawah dengan MTsN 1 Jember tidak berakhir sampai di sini. Semoga kedepannya juga kami MTsN 1 Jember dapat melaksanakan kurikulum Merdeka dengan maksimal dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Majulah Madrasah…. Jayalah MATASA…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post