Ella Yaumil Afiana

Saya hanyalah seorang guru di salah satu madrasah tsanawiyah di kabupaten Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web
Liburan sebagai Momentum Pengembangan Profesi Guru
Workshop pengembangan kompetensi guru MTsN 1 Jember

Liburan sebagai Momentum Pengembangan Profesi Guru

Liburan, banyak orang memanfaatkannya berkumpul bersama keluarga untuk melepas penat setelah bekerja. Namun, liburan kali ini sungguh berbeda, bukan bertemu keluarga melainkan orang hebat yaitu Eko Prasetyo. Sosok inspiratif yang menyadarkan saya betapa pentingnya menulis. Tanggal 29-30 Desember 2021 saya akan menjadi muridnya. Ya, sebuah workshop diadakan oleh MTsN 1 Jember untuk para staf guru dengan Beliau sebagai pemateri. Workshop tersebut bertemakan “Penyusunan dan Publikasi Artikel Ilmiah Guru”. Dari temanya jelaslah bahwa kami akan menimba ilmu mengenai bagaimana menyusun sebuah artikel dan mempublikasikannya.

Rabu itu, Beliau menyapa kami dengan salam kemudian diikuti dengan sedikit guyonan. Beliau bilang bahwa,“Mengapa di setiap acara bagian sambutannya selalu lama?”. Hal itu sontak membuat kami tertawa terbahak-bahak. Kami kira pak Eko adalah orang yang kaku. Ternyata kami salah menduga. Beliau adalah orang yang ramah, mampu membimbing orang lain, suka bercanda, dan berwibawa.

Sebelum memulai materi Beliau menceritakan sedikit biografinya pada kami. Di sana kami mengetahui bahwa seorang Pemred Mediaguru yaitu Eko Prasetyo adalah seorang mualaf. Beliau bercerita bahwa dirinya mengawali karirnya sebagai jurnalis Jawa Pos. Penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia ini sudah banyak menulis buku. Sekitar 80 buku diterbitkan dengan beliau sebagai penulisnya. Dari situ saya sadar bahwa orang yang menjadi pemateri di depan saya adalah sosok yang hebat dan gila dalam berbagi ilmu.

Pak Eko mangawali menjelaskan tentang esai, artikel ilmiah, dan opini sehingga kami paham perbedaan antara ketiganya. Setelah istirahat makan siang, kami dituntut oleh Beliau membuat sebuah esai mengenai peristiwa berkesan selama pandemi yang kami alami. Esai tersebut minimal berisi 200 kata. Kemudian esai tersebut dikirimkan ke e-mail Beliau.

Hari ke-2 workshop pun dimulai. Pak Eko tiba-tiba mengeluarkan sebuah songkok dari sakunya. Kemudian dengan nada bercanda, meminta ijin untuk memakainya agar terlihat tampan katanya. Kami tertawa geli melihat tingkah pak Eko yang menggemaskan.

Kegiatan inti dimulai dengan pak Eko mengoreksi lewat layar lebar beberapa esai yang telah kami kirimkan. Pria bersongkok tersebut sangat jujur mengatakan kesalahan pada esai kami yang terbilang amburadul. Beliau menyampaikannya dengan nada sindiran dan bercanda yang membuat kami tertawa terpingkal-pingkal. Disela-sela itu pak Eko sempat memberikan beberapa hadiah kepada peserta workshop. Hadiah tersebut diberikan kepada penulis esai yang menarik baginya. Hadiahnya berupa uang Rp.50.000, Rp.5000, Beng-beng, hingga kue Nogosari. Yaaah, begitulah pak Eko yang mampu membuat suasana menjadi menyenangkan.

Di hari itu pula, kami diperkenalkan dengan website bernama Gurusiana. Pada web tersebut kami bisa menulis puisi, pantun, esai, opini, bahkan artikel. Kami juga diajari bagaimana menggunakan aplikasi KBBI pada gawai oleh Beliau. Keduanya diajarkan agar kami mampu menuangkan ide yang kami miliki dalam sebuah tulisan yang baik.

Terima kasih pak Eko atas ilmu yang ditularkan kepada kami. Ilmu yang Anda berikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guna menunjang profesi kami. Semoga lain waktu kita bisa bertemu kembali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Bunda. Salam literasi

31 Dec
Balas

Terimakasih pak. Salam literasi...

31 Dec



search

New Post