Ella Yaumil Afiana

Saya hanyalah seorang guru di salah satu madrasah tsanawiyah di kabupaten Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web

Penyembelihan hewan kurban di MTsN 1 Jember

Idul Qurban atau Idul adha adalah momen dimana seorang muslim dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban bagi yang mampu. Hal tersebut sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran. Sesungguhnya kami telah memberikanmu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Rabbmu dan berkurbanlah. (QS. Al Kautsar: 1-2)

Dalam penyembelihan hewan kurban terdapat tata cara yang harus dilakukan agar hewan tersebut halal untuk dikonsumsi. Hal ini tertuang dalam Al-Quran, Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan semacam itu adalah suatu kefasikan. (QS. Al-Anaam: 121)

Oleh sebab itu, para generasi muda harus diajarkan tata cara penyembelihan hewan yang benar. Sehingga sekolah sebagai sarana pembelajaran, dapat ikut andil mengajarkan siswanya tata cara penyembelihan hewan yang benar sesuai syariat islam.

Oleh karena itu MTsN 1 Jember sebagai sekolah dengan salah satu visinya adalah islami (ICMI: Inovatif, cerdas, mandiri, dan islami) melaksanakan pembelajaran penyembelihan hewan kurban pada hari Senin, 11 Juli 2022. Adapun penyembelihan hewan kurban dilaksanakan oleh guru, staff TU, OSIS, dan perwakilan siswa setiap kelasnya. Hewan kurban yang disembelih yaitu 1 ekor sapi, dan 2 ekor kambing. Daging hasil penyembelihan dibagikan pada panitia penyembelihan serta siswa kelas VII dan VIII.

Idul adha dan kisah nabi Ibrahim beserta nabi Ismail sesungguhnya mengajarkan kepada kita untuk rela ikhlas melepas keduniawian yang kita cintai untuk berjalan di jalan Allah SWT. Baik sesuatu yang sangat kita cintai tersebut berupa jabatan, harta, anak, kecantikan, kesehatan dll. Hal ini mengingatkan kita bahwa apapun yang kita miliki saat ini adalah sebenarnya milik Allah SWT. Semoga apapun niat baik yang kita laksanakan Allah akan ganti dengan sesuatu yang lebih baik karena keridhoan dan keikhlasan kita. Amiin ya rabbal alamin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post