elmarika

Seiring berjalannya waktu cahaya itu semakin bersinar. Habis gelap terbitlah terang. Guru Seni Budaya dan Keterampilan di MTsN 3 Kota Padang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Khasiat Kikil Bagi Kesehatan

Khasiat Kikil Bagi Kesehatan

Khasiat Kikil Bagi Kesehatan

Tantangan Menulis Gurusiana H- 79

///

Lebaran Idul Adha dikenal kenal dengan lebaran Qurban. Saatnya umat Muslim yang mampu ikut berqurban, lambang bukti cinta Pada Allah dan bukti cinta pada pengorbanan Nabi Ismail. Penyemblihan hewan Qurban di mana-mana, kegembiraan terpancar di wajah semua umat Muslim. Baik yang mampu maupun yang tidak mampu, dapat dijadikan juga sebagai ajang silaturrahmi. Saat penyemblihan hewan Qurban semua berkumpul mualai dari yang kecil sampai yang tua.

Kaki Sapi, Kerbau dan kambing sangat diminati semua orang. Tapi bagian kaki yang mendekati kuku sapi, kerbau dan kambing jarang diambil, karena tidak bisa mengolahnya. Padahal banyak khasiat juga pada bagian tersebut. Disamping enak dimakan juga berkhasiat untuk kesehatan. Tidak semua orang tau tentang hal itu dan tidak semua orang bisa mengolahnya. Repot memeang mengolahnya, apalagi mengulitinya sampai bisa dimasak alias menjadi kikil.

Belajar dari kebiasaan melihat nenek mengolah kikil, saya mencoba mengolah sendiri karena gulai Kikil adalah makanan faforit saya dan suami.

Caranya kaki sapi, kerbau yang masih berbulu direbus dengan sadah (kapur sirih), sampai empuk, buang kulit dengan menggunakan cutter yang tajam, lepas kikil yang sudah bersih dari tulangnya, kikil siap diolah.

Adapun khasiat untuk kesehatan dari kikil adalah :

1. 1. Mengandung Kolagen untuk kulit.

2. 2. Membantu menjaga stamina tubuh.

3. 3. Mendukung regenerasi sel-sel tubuh.

4. 4. Meminimalkan resiko penyakit kronis.

5. 5. Menjaga kesehatan rambut.

Demikian sekilat tentang proses pembuatan kikil dan khasiatnya, semoga bermanfaat.

Sumber : Penulis dan Magazine.job-like.com

///

Elmarikaspdgadisdesaasamkumbang

Padang02082020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih sudah berbagi bun..

03 Aug
Balas

Iya bubda, tks sdh mampir

03 Aug

Mantap bun. Saya juga termasuk yg tidak suka karena setiap makan pasti alot

02 Aug
Balas

Rebus pakai kapur sirih bu

02 Aug

Dengan demikian di otak saya srtiao disajikan kikil pasti alot.

02 Aug
Balas

Tegantung masaknya bu, pakai kemiri pas dimasak boleh jg, biar tidak alot

02 Aug

Kalau beli soto daya memilih tidaj pakai kikil

02 Aug
Balas

Hehe karena sudah kepikir alot ya bu

02 Aug

Saya suka kikil bu Elmarika, makasih sdh berbagi

03 Aug
Balas

Terima kasih bu sudah berbagi informasi

02 Aug
Balas

Iya bu, tks sdh mampir

02 Aug



search

New Post