Elva Lidya,S.Pd.,M.M

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lontong Kuah Ovor, Maknyus!

Lontong Kuah Ovor, Maknyus!

Tantangan Hari Ke - 245

#TantanganGuruSiana

Lontong Kuah Ovor, Maknyus!

Lebaran sebentar lagi, InsyaAllah bagi yang menjalankan puasa Ramadhan dua hari lagi akan menikmati hari kemenangannya. Walau Pandemi semakin mengganas tak kan bisa mengubah tradisi menghadapi lebaran tanpa ketupat, sayur ovor ayam, rendang, sambel tumis tri, sambel buncis, dan lainnya. Sesuai tradisi masing - masing.

Ketupat lebaran, merupakan ciri khas lebaran, walau ada saja yang kurang suka makan ketupat maunya tetap nasi saja. Di rumah - rumah biasanya tetap mempersiapkan ketupat, terkadang tidak sempat masak sendiri. Sekarang zaman sudah on line gampang saja tinggal pesan ketupat 20 buah, sehari sebelum lebaran ketupat siap saji dan bisa disantap. Makyus.

Kali ini kita bikin lontong saja pengganti ketupat, bahan bakunya sama - sama dari beras, hanya beda bungkus. Lontong dari daun pisang sedangkan ketupat dari daun kelapa muda. Jodohnya tetap sama sayur ovor ayam sambel cengeh( asam manis). Ada juga kuah sayurnya lebih suka ditambah irisan labu siam, kacang panjang dan wortel. Kuahnya sedikit encer.

Sedikit kendala rumah RSS tidak ada ruang lagi tempat memasak lontong, dengan terpaksa bunga - bunga miana harus pindah tempat dulu, digeser ketempat lebih aman. Semoga malam ini hujan tidak turun, agar lontong terasa enak, padat, masaknya hampir sama waktu yang dibutuhkan dengan masak ketupat bisa - bisa delapan jam lebih.

Sengaja malam ini sudah mulai dimasak, agar mengurangi pekerjaan besok, jika lebaran jatuh pada tiga belas, itu artinya tanggal dua belas lontong dan kuahnya siap diantar, berbagi sedikit demi sedikit. Jika 1 Syawal jatuh lebih cepat satu hari, lontong kita juga sudah siap. InsyaAllah kita berlebaran menyantap lontong dan kuah ovor ayam, maknyus.

Prabumulih, 10 Mei 2021

28 Ramadhan 1442 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap,,, jadi nih lebarannya... Sukses selalu

11 May
Balas

Wow la begoyor buat lontong. Tinggal rendang dan opornya Bu. Semoga sht selalu.

11 May
Balas

Lontong sudah mulai dimasak, tinggal bikin kuahnya saja ya

10 May
Balas

"Kupat dan lontong" kawan sepaket lebaran. Jumlah warga rumah sedikit, lebih praktis pesan ke tukang kupat sayur yang biasa keliling komplek. Kuahnya harus dibanyakin Bu Elva karena aroma opor ayam sampai ke rumah saya. Salam sehat selalu.

11 May
Balas



search

New Post