Elvia Luthfiasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Journeyage De Rue

Journeyage De Rue

 

Pelatihan Hunting

Oleh : Elvia Luthfiasari

 

Reporter dan Hunting adalah dua istilah yang sangat "journalism". Reportase adalah kegiatan dimana seorang reporter melaporkan sebuah informasi dan peristiwa yang  "newsworthy". Sementara istilah "hunting" adalah sebuah proses pengumpulan berita secara langsung di lapangan. Proses pengumpulan data atau berita ini dilakukan oleh Team yang terdiri dari Fotografer, Kamerawan, Reporter dan penulis artikel.

Kegiatan melaporkan dan menyajikan berita selalu menggunakan prinsip 5 W dan 1 H. What, who, why, when, where dan how (apa, siapa, kapan, mengapa, dimana, dan bagaimana) adalah kaidah yang menjadi pedoman dalam pengumpulan data. 5W dan 1H akan memudahkan para calon  jurnalis untuk melaporkan berita yang sistematis dan mudah dipahami  dari TKP.

Melatih peserta ekskul jurnalis untuk menikmati perannya sebagai calon-calon jurnalis muda memang tidak mudah. Sebuah proses yang cukup panjang harus dilalui oleh mereka. Bukan hanya dari "skill" tapi juga sikap dan ketangguhan. Beberapa program unggulan  harus dijadikan prioritas. Mengasah "skill" para calon jurnalis  salah satunya dengan pelatihan Hunting. Pelatihan yang ternyata menjadi populer dan sangat diminati oleh peserta karena mereka langsung terjun ke lapangan. Karena dalam pelatihan ini mereka akan belajar melakukan reportase secara langsung, menjadi reporter, fotografer, kamerawan.

Pelatihan hunting ini diberi nama "Journeyage De Rue" mempunyai sasaran yaitu mengenal lebih dekat Kota Jakarta. Diawali dengan pembekalan teori selama satu hari. Kemudian para calon jurnalis ini melakukan pengamatan dan eksplorasi ke beberapa tempat yang menjadi ikon Kota Jakarta.

Sebanyak 28 peserta nampak sangat antusias dan bahagia mengikuti pelatihan selama tiga hari. Melatih bagaimana mereka mempersiapkan draft pertanyaan, teknik penulisan, teknik berbicara didepan kamera, pengambilan gambar, opening dan closing. Hal yang penting lagi adalah memotivasi mereka agar tampil berani, percaya diri serta tangguh dengan tetap beretika.  Karena bagaimanapun etika yang baik harus melekat sebagai identitas  calon jurnalis muda.

Semoga pelatihan ini memberikan dampak lebih dari sekedar biasa. Aamiin.

 

Baktitu, 21 Agustus 2022

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post