Elvia Luthfiasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Project Berkelompok itu Seru

Project Berkelompok itu Seru

Project Berkelompok itu Seru

Oleh Elvia Luthfiasari

 

 

Pengembangan softskill dalam suatu mata pelajaran itu sangat penting dilakikan. Mengapa? Karena menghadapi tantangan yang sangat luar biasa di kawah candradimuka universitas kehidupan dibutuhkan ketangguhan. Peserta didik harus ditempa karakternya sehingga ia bukan saja jadi tahu pengetahuan tapi mensikapi dengan cerdas setiap perubahan yang terjadi.

Kritis, kolaborasi, kerjasama dan kemampuan komunikasi harus dilatihkan dalam setiap kegiatan belajar. Problem base learning menjadi strategi pembelajaran yang sangat tepat. Dengan kegiatan kerja kelompok juga membuat penyelesaian tugas lebih ringan karena dikerjakan bersama-sama.

Keberhasilan sebuah project tentunya harus dipersiapkan. Seorang pendidik tentunya sebelumnya harus melakukan beberapa hal:

1. Menentukan tujuan pemberian tugas

2. Menginformasikan indikator yang ingin dicapai dalam pemberian tugad.

3. Mengontrol proses pengerjaan tugas

4. Memberikan penilaian yang objektif

5. Memberikan umpan balik.

 

Beberapa manfaat dari kerja kelompok

1.  Meningkatkan kerjasama antar anggota

2. Menumbuhkan rasa percaya diri dan percaya dengan teman.

3. Melatih kreatifitas

4. Membangun keterampilan berkomunikasi dengan anggota

5. Melatih kepedulian dan empaty

6. Meningkatkan hasil belajar baik berupa nilai ataupun kualutasnya.

 

Dengan kerja kelompok sangat dimungkin keseruan, suasana nyaman dan bahagia akan mereka rasakan. Tidak kesepian dan ada teman diskusi.  Karena ada rasa sepenanggungan dengan anggotanya. 

 

 

 

Bumiku, 31/5/2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post