Elvia Luthfiasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Bertanya itu, Sulitkah?

Bertanya itu, Sulitkah?

Oleh: Elvia Luthfiasari

Presentasi yang dilakukan sebuah grup di kelas XI IPA1 sudah cukup baik. Materi yang ada di powerpointnya cukup lengkap. Mengonukasikan idenya lumayan bagus sehingga bisa dipahami.

Setelah presentasi diberi waktu untuk tanya jawab. O..o...ternyata cukup lama untuk mendengar sebuah pertanyaan dari audience. Mereka masih menemui kesulitan dalam mengajukan pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Mereka merasa takut salah. Hmm....dari dulu selalu ditemui masalah ini.

Ya, beban psikis ternyata selalu dan masih ditemui dalam pembelajaran bahasa asing. Klise, takut salah. Padahal, sudah saya sampaikan bahwa sebagai gurupun kita masih harus terus belajar. Karena keterampilan berbicara harus banyak latihan. Kesalahan dalam struktur kalimat atau pronounciation adalah suatu yang sering ditemui. Bahkan itu menjadi hal yang lumrah ditemui dalam pembelajaran bahasa Asing. Jadi "don't worry"

Setelah beberapa motivasi diberikan, meteka satu persatu sudah mulai berani bersuara untuk bertanya. Dari biasanya hanya 3 orang yang bertanya, hari ini pembelajaran jadi seru karena yang bertanya mencapai 12 orang. Mereka tetap berlatih bertanya, abaikan struktur. Yang penting antara yang bertanya dan yang ditanya bisa saling memahami. Dibantu dengan bahasa tarzan dan satu dua kata engan bahasa daerah, ya...itulah gaya presentasi bahasa Inggris.

Tips agar bisa bertanya

1. Mengumpulkan informasi terlebih dahulu dengan menyimak materi yang disampaikan.

2. Meminta izin dulu sebelum bertanya.

3. Buatlah konsep pertanyaan sebelum diajukan , bila pertanyaan itu menggunakan Bahasa Inggris atau Asing.

4. Usahakan tetap bersikap tenang dan tidak grogi.

5. Tidak perlu malu bila struktur kalimat tanya masih belum betul semua

Baktitu, September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post