ElVINA, S.Pd

Nama : Elvina, S.Pd Tempat tanggal lahir : Padang, 23 Mei 1971 Alamat :Jl. Belakang Adikarya,Lubuk Sikaping. Kabupaten Pasaman. Sumbar. Pelatihan : MWC 12 Su...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kejadian Gempa bumi (689)
689

Kejadian Gempa bumi (689)

Kejadian Gempa Bumi

Bagian 1

Sore itu suasana komplek Belakang Adikarya sangat sejuk. Perkampungan yang nyaman dan warganya sangat ramah. Khairani biasanya memanfaatkan waktu sore hari untuk bermain di lapangan yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Rani bersama kawan-kawannya kerap kali bermain ‘cik mancik’. Permainan ini sangat menyenangkan bagi anak-anak di komplek Adikarya. Jika sudah bermain cik mancik sampai bisa lupa waktu.

“Ayoo..Rani sekarang giliran kamu yang menjaga benteng. Sementara kami akan pergi mencari tempat persembunyian.” Ucap Indah, sahabatnya penuh semangat. “Yo...ambo hitung sampai sapuluah yo. Pada hitungan ke sepuluh kalian sudah harus bersembunyi.” Mereka bermain sangat seru, walau sesekali sering beradu argumen dengan sahabat-sahabatnya Rani selalu akur bersama mereka.

“Rani...ayo pulang, hari sudah hampir malam. Waktunya untuk persiapan mengaji!.” Terdengar suara Mama memangginya..

Yoo Ma.”

“Sampai bertemu besok ya kawan-kawan. Hari sudah hampir malam mari kita pulang.”

Sesampai di rumah, Rani mempersiapkan diri untuk salat magrib berjama’ah bersama Mama dan Papa. Setelah selesai salat ia melaksanakan rutinitas mengaji.

“Rani..kali ini kamu mengaji sama Mama yo! Karena Papa akan pergi menghadiri suatu acara.”

“Yo.. Pa.”

Baru saja Rani melafazkan Basmillah, ia merasakan ada hentakan pada lantai tempat dia duduk. Hentakan itu semakin kencang, hentakan itu menjadi goncangan yang besar. Terdengar suara barang-barang di dalam rumah berjatuhan. Suara gemuruh sangat menakutkan. Lampu penerang mendadak mati.

“Gempa..gempa..gempa.”

Terdengar teriakan panik semua orang. Dengan sigap Mama berlari menuju tanah lapang sambil memegang erat tangan Rani dan menggendong Rizqi.

Suara jeritan panik terdengar di semua sudut kampung. Rintihan tangis menyayat hati. Semua warga berkumpul di tanah lapang. Isu tsunami menjadikan suasana kian mencekam. Suara takbir menggema. Kota Padang disapa oleh gempa berkekuatan 7,0 SR yang menelan banyak korban.

“Mama, Rani takut.” Isaknya sambil memeluk erat Mama. Sementara Rizqi menangis kebingungan. Beruntung Papa belum berangkat untuk menghadiri acara. Papa menenangkan anak dan istrinya. Malam itu terasa kian mencekam sehingga mereka tidak berani pulang karena goncangan gempa masih berlanjut. Mereka tidur di tanah lapang.

Keesokan harinya Rani dan Rizqi terlihat sudah lumayan tenang. “Ma, kapan kita kembali pulang? di sini dingin dan banyak nyamuk ambo mau pulang.”

“Sabar yo, tunggu suasana aman dulu baru kita pulang.” “Yo, ma.

Mama, yang semalam itu goncangan apa? ambo takut.” “Itu namanya gempa bumi nak.” “Gempa bumi? Apa itu gempa bumi Ma?.”

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi pada permukaan bumi akibat melepasnya energi dari dalam, akhirnya menciptakan gelombang seismik.”

“Ohhh...seperti itu. Kalau gelombang seismik itu apa Ma?.”

“Gelombang seismik adalah rambatan energi yang disebabkan karena adanya gangguan di dalam kerak bumi, misalnya adanya patahan atau adanya ledakan. Energi ini akan merambat ke seluruh bagian bumi dan dapat terekam oleh seismometer.”

“Apa Ma? termometer?.” “Bukan termometer tapi seismometer sayang.” “Hihihihi..Ma bahasanya sulit sih, terus kalo seismometer itu apa Ma?.”

“Seismometer (bahasa Yunani: seismos: gempa bumi dan metero: mengukur) adalah alat atau sensor getaran, yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah. Hasil rekaman dari alat ini disebut seismogram.”

“Wah Mama hebat tahu tentang gempa bumi. Mama tahu dari mana tentang gempa bumi?.”

Mama membaca buku tentang kegempaan dan mencari informasi melalui internet.” “Besok ajarin Rani cara mencari informasi di Internet yo ..Ma.”

Mama hanya tersenyum mendengar celoteh putri cantiknya. “Ayoo..Ma kita pulang ambo mau melihat kondisi rumah kita akibat gempa semalam.”

Ketika Rani melihat kondisi rumahnya, “Mama...hiks.. hiks.. hiks..hiks..hiks..hiks” Rani menangis histeris. (Bersambung)

Disadur dari tulisan Ibu Baiq Sumiati, S.HI

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren kisahnya Uni.. Proses pengenalan mitigasi bencana sejak dini melalui cerita.. Lanjuuut. Sukses selalu

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

top keren cernak sains nya. Salam sukses buat Mbak Elvina.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Mohon maaf Selasa kemarin tidak sempat SKSS. Salam sehat dan selalu bahagia buat bunda sekeluarga.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

mantap cernak the best Bu

15 Dec
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Cernak yg menginspirasi bunda. Luar biass

15 Dec
Balas

Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Alhamdulillah

15 Dec
Balas

Mantap banget Bu Elvina, cernak yang berangkai dengan materi pembelajaran. Keren Bu dan salam sukses

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Cernaknya penuh pembelajaran dan keren banget. Sukses selalu untuk Ibu

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Cernak penuh pembelajaran. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu Elvina

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Keren ceritanya, Bu Elvina. Salam sukses selalu.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Keren Buk Pipin. Sukses cernaknya.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Wah..Padang pernah 7,0? Kuat sekali getarannya. Materi sains disampaikan dalam cerita anak. Apik, bu

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Keren cernaknya bucan, penuh ilmu di dalamnya.... salam sukses

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Keren dan mantap cernaknya uni cantik... Sangat menarik... Salam sukses dan sayang

16 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Keren menewen cernaknya buk vin cantik. Luar biasanya. Menambah ilmu dan wawasan. Salam sehat dan sukses selalu buk vin.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Cernak yg inspiratif bunda. Sukses sllu.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Cernak dengan ilmu yang OK, Bu Vivi. Suka bacanya. Salam sukses selalu.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Keren sekali B u Elvina. Semoga sukses selalu.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Bagus cernaknya Bunda, pengetahuan yang bermanfaat disampaikan lewat cerita yang menarik, salam sukses selalu

15 Dec
Balas

Mantul Bu cantik. Saya pernah mengalami dampak gempa. Semoga bencana gempa tidak terjadi lagi. Salam sehat dan sukses selalu

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

cernak yang sangat mengedukasi anak-anak bunda cantik,barokalloh pengetahuan diperoleh mll cernak, sehat n sukses ll nggih

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu Bu Sayang

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Mantap ceritanya, Bu. Salam sukses selalu!

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Selalu hadir dwngan tayangan keren bunda Elvina, salam sehat selalu

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec

Cernak uang dangat informatif dan mencerahkan. keren dan cadas. sehat selalu ustazah Elvina sang idolah.

15 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terima kasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

18 Dec



search

New Post