Elvy Nosvia, S.Kom

Aku Elvy Nosvia, S.Kom bertugas di SMK Negeri 1 Guguk Kab. Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Tidak ada yang akan aku ungkapkan. Karena kedua Orang Tua ku...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Menulis (T. 213)

Belajar Menulis (T. 213)

Orang menulis tidak bisa satu kali langsung jadi. Menulis adalah sebuah proses. Jika di awal Anda merasa bahwa tulisan yang Anda buat kurang bagus, strukturnya belum teratur, dan sebagainya, jangan buru-buru menyerah dan membuang tulisan itu, Anda hanya perlu membaca kembali, lakukan revisi, jika perlu minta pendapat orang-orang terdekat atau teman yang memiliki kompetensi untuk membaca dan memberikan masukan.

1. Banyak membaca

Karena dengan membaca Anda bisa mendapatkan inspirasi, memperkaya kosa kata, dan juga mempelajari teknik-teknik menulis dari bacaan yang dibaca. Dengan kata lain, hobi menulis dan hobi membaca saling menunjang satu sama lain.

2. Meluangkan waktu untuk menulis secara rutin

Trik menulis selanjutnya adalah “memaksakan” diri untuk menulis. Menulis buku harian atau menulis apa saja yang terlintas dipikiran setiap hari akan menumbuhkan kecintaan pada menulis. Jika bingung mau menulis apa, tulis saja pengalaman yang Anda hadapi di hari ini, atau hal menarik yang terjadi di kelas.

3. Menulis hal yang disukai

Mengapa guru harus menulis? Banyak alasan yang membuat guru harus menulis. Salah satunya adalah menuliskan praktik baik yang dapat menginspirasi guru lainnya. Namun, bukan berarti Anda hanya bisa menulis hal-hal seputar pendidikan dan harus berdasarkan penelitian.

Tulislah tulisan yang sesuai dengan passion .Tidak harus selalu yang berat-berat, cukup tuliskan hal terdekat yang sering didengar atau pun lihat. Jika Anda suka menulis non fiksi, tulislah artikel, praktik baik, atau bagi yang menyukai tulisan ilmiah bisa membuat penelitian tindakan kelas.

4. Membaca ulang setiap tulisan

Cara keempat untuk meningkatkan rasa guru gemar membaca coba baca ulang tulisan dari awal hingga akhir setiap selesai menulis. Di dalam proses membaca ulang tersebut, posisikan Anda sebagai pembaca, bukan penulis.

Jika Anda sudah memosisikan diri sebagai pembaca, coba pahami teks secara menyeluruh.

5. Coba mengikuti kompetesi atau mempublikasi tulisan

Cara terakhir agar suka menulis dan sekaligus mengasah keterampilan menulis adalah dengan mengikuti kompetisi-kompetisi menulis. Menulis untuk kompetisi dapat memperkaya pengalaman menulis dan jika menang, tak jarang Anda dapat membawa pulang hadiah-hadiah yang menggiurkan.

Payakumbuh, 1 Agustus 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannyo Uni. Sukses selalu

01 Aug
Balas



search

New Post