Elvy Nosvia, S.Kom

Aku Elvy Nosvia, S.Kom bertugas di SMK Negeri 1 Guguk Kab. Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Tidak ada yang akan aku ungkapkan. Karena kedua Orang Tua ku...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengamati Kecerdasan Anak (T. 431)

Anak yang cerdas pada dasarnya tidak hanya diukur dari kemampuan akademik saja. Namun, bisa juga diukur dari sikap dan perilakunya sehari-hari. Ini dapat dilihat sejak usia dini.

Setiap anak memiliki kecerdasan dan bakat yang berbeda. Akan tetapi kenyataannya label otak cerdas masih menjadi ukuran bahwa seseorang akan sukses di masa depan. Akibatnya orang tua tidak menyadari akan kemampuan yang dimiliki anak. Sehingga kecerdasan anak tidak terasah dengan baik.

Anak yang cerdas menyimpan informasi baru dengan cepat, baik di sekolah maupun lingkungan sekitarnya. Memori otaknya bekerja bukan hanya pada saat melakuan hal-hal serius seperti belajar dan berkonsentrasi, tetapi juga digunakan untuk mengambil keputusan dalam aktivitas sehari-hari. Diantaranya

1. Tesponsif

Anak yang cerdas memiliki respon yang baik terhadap lingkungan baik. Di usia balita, anak cerdas akan segera menoleh saat orang lain memanggilnya. Ia juga lebih peka terhadap suara atau gerakan yang ada di sekitarnya.

2. Kemampuan Komunikasi Baik

Anak yang cerdas memiliki komunikasi yang baik. Anak memahami dan mengerti apa yang dikatakan orang tua dengan baik meski usianya masih balita. Di usia di bawah 1 tahun, anak antusias saat mendengar ibu atau ayah bercerita, menyapa dan bermain dengannya.

3. Milestone Lebih Awal, akan mencapai milestone lebih awal dibandingkan anak-anak lainnya. Ia akan duduk, berdiri dan jalan di usia yang lebih awal. Jika buah hatimu mencapai milestone lebih cepat atau awal, besar kemungkinan ia adalah anak yang memiliki IQ di atas rata-rata atau cerdas.

4. Suka Menyendiri

Studi menemukan jika anak-anak yang cerdas biasanya lebih suka menyendiri atau sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Anak ini biasanya juga lebih kreatif dan aktif.

5. Keras Kepala

Beberapa anak yang cerdas akan ditandai dengan sikapnya yang keras kepala. Jika anakmu menunjukkan sikap keras kepala sejak usianya balita, bisa jadi ia memang memiliki kecerdasan yang mengesankan. Umumnya, sikap keras kepala dari anak yang cerdas ini juga disertai dengan sikap percaya diri, keberanian yang baik dan tidak takut mencoba hal baru.

6. Fokus

Jika anak termasuk pribadi yang memiliki tingkat fokus baik sejak usianya sedini mungkin, ini menandai bahwa ia anak cerdas. Anak yang cerdas tak hanya memiliki fokus baik tetapi juga memiliki kemampuan berpikir yang mengesankan.

7. Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Anak cerdas juga ditandai dengan rasa ingin tahunya yang tinggi. Biasanya, anak ini akan lebih banyak bertanya dan mencari solusi untuk segala hal yang ada di hadapannya. Ia juga memiliki rasa ingin tahu besar terhadap segala sesuatu di sekitarnya.

8. Susah Tidur

Penelitian menemukan jika anak yang cerdas biasanya akan lebih susah tidur. Ia akan tidur secukupnya saja. Ia lebih suka menghabiskan waktu untuk mencari tahu apa yang ia belum tahu dan melakukan aktivitas yang bisa mengasah kreativitasnya.

9. Jeli dan Memiliki Minat Kuat

Anak yang sering terlihat lebih jeli terhadap hal yang tidak disadari oleh anak sebaya bahkan orang dewasa, menandakan ia anak yang cerdas. Kejelian tersebut juga diiringi dengan minat yang kuat. Ia pun akan sering terlihat fokus pada sesuatu yang ia minati hingga menghabiskan cukup banyak waktu untuk mempelajarinya.

10 Tanda Anak Cerdas, Bisa Dilihat di Usia Dini.

Payakumbuh, 7 Maret 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Bu Elvy, sukses selalu

07 Mar
Balas

Aku banget Bunda, pendiam suka menyendiri suka penasaran ingin tahu yg tinggi bela-belain gak tidur hanya untuk mencari tahu. Cerita mami saat kukecil begitu. Keren Bunda ulasannya.

07 Mar
Balas



search

New Post