Emelda

Try my best for the best I might not be the best But surely.... I can do thing well...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa pada pembelajaran Sentra tidak ada kegiatan mewarnai?

Mengapa pada pembelajaran Sentra tidak ada kegiatan mewarnai?

Kegiatan Jurnal Pagi maupun Jurnal Siang dalam rangkaian kegiatan Sentra bertujuan memberi kesempatan anak untuk menuangkan isi pikiran dan perasaannya. Pada Jurnal Pagi fungsinya lebih untuk transisi dari atmosfer rumah ke atmosfer sekolah, sementara Jurnal Siang lebih berfungsi untuk refleksi atas kegiatan satu hari di Sentra.

Kegiatan mewarnai dengan pola gambar yang sudah jadi tidak ada dalam kegiatan Sentra. Pertama, kegiatan seperti itu bukan ekspresi murni anak, sedangkan kemurnian itu dibutuhkan untuk keperluan observasi dalam banyak aspek perkembangan anak, seperti kekuatan otot tangan, koordinasi otot motorik kasar dan halus pada tangan anak, kondisi aktual psikologis anak, tahap perkembangan menulis dan tahap menggambar, tahap kognisi (klasifikasi warna, bentuk, benda) dan lain-lain.

Kedua, pola yang sudah jadi dalam kegiatan mewarnai tidak memberi kesempatan anak untuk secara lengkap melalui proses membangun persepsi dan ekspresi tentang benda atau sesuatu yang dilihat, dipegang atau dikenalnya. Ketiga, karena pola itu umumnya adalah berbasis lukisan (bukan foto), maka ada risiko menanamkan persepsi yang tidak tepat pada anak tentang ciri-ciri, bentuk, warna maupun ukuran

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sama2 bunda. Salam literasi

28 Jan
Balas

Terimakasih berbagi ilmunya bu. Salam kenal dan salam literasi

28 Jan
Balas



search

New Post