Emi Indra

Lahir di desa Soni 13 Juli 1972. Punya anak semata wayang. Mengajar di SMPN 1 Palu. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Metode Hafalan, Masih Perlukah Dalam Pembelajaran?

Metode Hafalan, Masih Perlukah Dalam Pembelajaran?

Metode mengajar dengan cara menghafal merupakan metode pembelajar yang sudah lama diterapkan, terutama pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Masih segar diingatan sewaktu kita duduk di bangku SD. Saat belajar matetatika, pasti kita disuruh ke depan untuk menghafalkan perkalian. Hingga akhirnya kita sekarang bisa menghafal perkalian dengan lancar.

Pada kurikulum sekarang ini, metode menghafal sudah mulai terkikis. Dianggap tidak cocok lagi dengan pembelajaran yang menyenangkan. Anak dipaksa untuk menghafal, sementara mereka tidak paham dengan apa yang mereka hafalkan. Itulah alasannya sehingga dianggap tidak menyenangkan.

Dengan semakin kurangnya anak-anak diberi tugas menghafal, maka bisa kita lihat sekarang hasilnya. Ketika ditanya tentang perkalian, lama mereka baru menjawab, bahkan ada yang tidak bisa menjawab karena tidak tahu. Ini disebabkan tidak dibiasakan siswa dalam menghafal.

Bersambung

Palu, 12 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post