Emi sudarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

SISWA SD SIAP TERBITKAN BUKU CERITA SEUSAI PELATIHAN SASIS SABU

SISWA SD SIAP TERBITKAN BUKU CERITA

SEUSAI PELATIHAN SASIS SABU

Minggu, 17 September 2017. Pagi yang cerah. 29 siswa dari tujuh sekolah berkumpul di SMPN 1 Baureno Bojonegoro. Tujuh sekolah tersebut antara lain:SD IT Bojonegoro, SMPN 1 Baureno Bojonegoro, SMPN 1 Balen Bojonegoro, SMP IT Bojonegoro, SMKN Baureno Bojonegoro, SMAN Sumberrejo, dan SMAN Kasiman.

Kelompok Penerbit Majas, pimpinan Ibu Ellissabeth Vitta mengadakan Pelatihan SASIS SABU (Satu Siswa Satu Buku). Kegiatan tersebut sebenarnya berawal dari keinginan penulis untuk meneruskan program pelatihan yang dilaksanakan oleh Media Guru, yaitu SAGU SABU (Satu Guru Satu Buku).

Nara sumber pada acara tersebut adalah penulis sendiri, Emi Sudarwati, S.Pd (Juara 1 Lomba inobelnas Kategori SORAK tahun 2016). Bersama editor buku-buku karya siswa dan guru yang bernama drh. Yonathan Raharjo (Juara Lomba Menulis Novel Dewan Kesenian jakarta tahun 2006).

Yonathan Raharjo menyampaikan tentang Trik Menulis Kreatif (Puisi/Gurit, Cerpen/Cerkak, Esai dan lain-lain), serta editing naskah. Sementara penulis menyampaikan tentang Menulis dan Menerbitkan Buku sampai bisa ke Luar Negeri.

Semua peserta mendapatkan buku karya siswa dan siswi kelas tujuh SMPN 1 Baureno yang berjudul Cathetan Kelas Pitu. Jika siswa kelas tujuh SMP saja bisa meulis dan menerbitkan buku, maka tidak mustahil para peserta Sasis Sabu nantinya juga dapat melakukan hal yang sama. Bahkan mungkin jauh lebih bisa, karena mereka sudah dilatih seharian.

Paling seru adalah pada sesi edit naskah. Semua peserta wajib membacakan tulisannya hari itu di depan peserta lain. Lalu nara sumber dan peserta lain memberikan komentar berupa kritik dan saran yang sifatnya sangat membangun. Ada yang menulis puisi, cerita, dongeng, dan bagian dari novel. Luar biasa, semua hasil karya peserta pelatihan sangat menarik.

Pada akhir pertemuan, penulis bertanya kepada semua peserta, “Siapa yang siap menulis dan menerbitkan buku?” Ternyata semua peserta mengangkat tangan. Termasuk dua siswa kelas lima SD IT Bojonegoro yang bernama Tiara dan Shifa. Mereka sepakat akan menulis dan menerbitkan Buku Cerita. Wao.... semoga mimpi menjadi nyata. Aamiin....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

salut buat bu Emi. Keren banget programnya.

19 Sep
Balas

Nuwun.... terinspurasi Program SaguSabu. Saya hanya meneruskan ke siswa. Karena itu tugas guru

20 Sep

keren progam mudah mudahan dengan program dapat menambah lagi keinginan dalam menulis di kalangan siswa

19 Sep
Balas

Aamiin..... yg penting konsisten. Butuh kesabaran dan kesungguh2an

19 Sep

sukses bu emi... pengen belajar lho..

19 Sep
Balas

Nuwun Bu. Sama2 belajar

20 Sep



search

New Post