Emiwati

Emiwati, S. Pd. adalah alumni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas ...

Selengkapnya
Navigasi Web
 PERBEDAAN KARAKTERISTIK DATA PRIMER DAN SEKUNDER
Menulis untuk Berbagi

PERBEDAAN KARAKTERISTIK DATA PRIMER DAN SEKUNDER

# Tantangan Gurusiana

# Hari Ke-42

PERBEDAAN KARAKTERISTIK DATA PRIMER DAN SEKUNDER

 

Terdapat dua jenis data yang biasanya digunakan peneliti dalam setiap kegiatan penelitian, yaitu data primer dan data sekunder. Umumnya, kedua data ini digabungkan untuk saling melengkapi dan membantu peneliti dalam mengamati setiap fenomena yang ada. Namun terdapat beberapa hal mendasar yang menjadi perbedaan data primer dan sekunder.

 

Beberapa perbedaan data primer dan sekunder ini perlu dipahami dengan baik oleh peneliti agar dapat diaplikasikan dengan tepat. Perbedaan data primer dan sekunder ini dapat dilihat dari bentuk data, proses pengumpulan, sumber data, hingga kemampuan akurasi yang bisa didapatkan.

 

Dilansir dari situs Key Difference, berikut kami merangkum beberapa perbedaan data primer dan sekunder dalam penelitian yang perlu diketahui.

 

1. PENGERTIAN DATA PRIMER DAN SEKUNDER

 

Perbedaan data primer dan sekunder yang pertama bisa dipahami dari pengertiannya. Data primer adalah data pertama kali yang dikumpulkan oleh peneliti melalui upaya pengambilan data di lapangan langsung. Karena hal inilah data primer disebut sebagai data pertama atau data mentah.

 

Sedangkan data sekunder merupakan berbagai informasi yang telah ada sebelumnya dan dengan sengaja dikumpulkan oleh peneliti yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan data penelitian. Data sekunder ini biasanya bisa didapatkan melalui buku, publikasi pemerintah, catatan internal organisasi, laporan, jurnal, hingga berbagai situs yang berkaitan dengan informasi yang sedang dicari.

 

Baik data primer maupun sekunder ini mempunyai karakteristik tersendiri yang menunjukkan kelebihan dan kelebihan masing-masing. Meskipun begitu, kedua jenis data ini dapat saling melengkapi sehingga bisa memudahkan peneliti dalam melakukan pengamatannya.

 

2. SIFAT , PROSES, DAN SUMBER DATA

 

Perbedaan data primer dan sekunder berikutnya dapat dilihat dari sifat, proses, dan sumber data. Pada data primer biasanya mengacu pada data real-time atau data yang terus berkembang setiap waktu. Sedangkan data sekunder biasanya merupakan data yang berhubungan dengan masa lalu atau lebih bersifat tetap.

 

Dalam proses pengumpulannya, data primer didapatkan dengan melibatkan partisipasi aktif dari peneliti. Biasanya, data primer dikumpulkan melalui kegiatan survei, observasi, eksperimen, kuesioner, wawancara pribadi dan media lain yang digunakan untuk memperoleh data lapangan.

 

Sementara itu, proses pengumpulan data sekunder lebih cenderung mudah dan cepat dilakukan. Peneliti bisa mendapatkan berbagai data sekunder dengan memanfaatkan sumber publikasi pemerintah, situs, buku, artikel jurnal, catatan internal organisasi dan lain sebagainya.

 

3. SPESIFIKASI, WAKTU, PENGUMPULKAN , DAN BIAYA

 

Perbedaan data primer dan sekunder berikutnya berkaitan dengan spesifikasi, waktu pengumpulan, dan biaya yang dibutuhkan. Data primer biasanya didapatkan dengan membutuhkan banyak sumber daya yang digunakan, seperti waktu, biaya, dan tenaga. Sebaliknya, data sekunder cenderung lebih praktis, murah, dan cepat didapatkan karena bisa diperoleh dari berbagai macam sumber dengan akses yang mudah.

 

Dalam hal spesifikasi, data primer selalu spesifik yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Data primer ini biasanya dapat mengontrol atau menentukan kualitas penelitian. Sebaliknya, data sekunder tidak spesifik untuk kebutuhan peneliti, serta tidak memiliki kendali untuk menentukan kualitas data.

 

Dengan begitu, antara data primer dan sekunder dapat digabungkan agar informasi yang diperoleh lebih lengkap. Semakin banyak informasi yang didapatkan, tentu dapat membantu peneliti untuk mengamati berbagai hal atau hasil temuan secara lebih luas. Meskipun begitu, peneliti perlu selektif dalam memilih data dan memprioritaskan data-data yang penting dan sesuai dalam batas masalah.

 

4. BENTUK DATA DAN KEMAMPUAN AKURASI

 

Perbedaan data primer dan sekunder yang terakhir berhubungan dengan bentuk data dan kemampuan akurasi. Dalam hal bentuk data, data primer biasanya tersedia dalam bentuk mentah yang belum diolah atau disempurnakan.

 

 

Sementara itu, data sekunder umumnya ditemukan sebagai data yang telah disusun dan diolah sehingga hasilnya lebih rapi dan sempurna. Meskipun begitu, data sekunder tidak jarang diperoleh dari data primer yang diolah menggunakan metode statistik.

 

Di samping itu, dalam hal kemampuan akurasi, data primer dikatakan lebih akurat karena dikumpulkan dari data mentah yang ditemukan di lapangan. Sedangkan data sekunder, relatif akurat karena telah mengalami berbagai tahap pengolahan atau analisis.

 

Dengan begitu, data primer dapat dikatakan sebagai data pokok yang diandalkan, namun keberadaan data sekunder dapat melengkapi dan memberikan sudut pandang lain dapat mengamati objek penelitian. Sehingga keduanya memiliki kekuatan masing-masing yang dapat memudahkan peneliti dalam mengolah hasil temuan yang ada.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa. Terima kasih telah berbagi. Salam sukses dan salam Literasi

04 Nov
Balas

Terima kasih telah berkenan mampir Pak. Salam literasi

05 Nov



search

New Post