Emiwati

Emiwati, S. Pd. adalah alumni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas ...

Selengkapnya
Navigasi Web

KECAMATAN, DESA, DAN KELURAHAN DI KABUPATEN BATANGHARI

#Tantangan Gurusiana

#Harike-130

KECAMATAN, DESA, DAN KELURAHAN

DI KABUPATEN BATANGHARI

Oleh Emiwati, S. Pd.

*

Penulis mulai bertugas sebagai ASN di Kabupaten Batanghari, Jambi, sejak Maret 1999. Waktu yang sudah tidak singkat untuk mengenal lebih dekat wilayah tempat tugas. Tapi faktanya, sampai saat ini, penulis, masih belum mengenal dan memahami dengan baik wilayah ini. Hal ini terbukti ketika penulis masih sering keliru atau tertukar menyebut atau menentukan yang mana desa, yang mana kelurahan, dan yang mana kecamatan, di wilayah “Bumi Serentak Bak Regam” ini.

*

JIka dipandang dari sisi yang lain, cukup wajar jika penulis belum hapal nama dan pembagian wilayah itu. Dalam Masa tugas yang sudah lebih dari 21 tahun di wilayah ini, hanya sebagian kecil saja yang terkunjungi oleh penulis. Maklum dan wajar, wilayah Kabupaten Batanghari ini cukup luas dan medannya pun beragam.

*

Untuk menjawab kekeliruan penulis, maka hari ini penulis sengaja berbagi hasil pelacakan terhadap nama Kecamatan, Desa, dan Kelurahan di wilayah Kabupaten Batanghari. Mari kita ikuti! Semoga saya tak mengelak lagi dari tanya peserta didik tentang hal terkait.

*

1. KECAMATAN BAJUBANG

Kecamatan ini terdiri atas satu kelurahan dan beberapa desa, yaitu Kelurahan Bajubang, Desa Batin, Desa Bungku, Desa Ladang Peris, Desa Mekar Jaya, Desa Mekar Sari Ness, Desa Penerokan, Petajin, dan Pompa Air.

*

2. KEMATAN BATIN XXIV

Di kecamatan ini terdapat dua kelurahan yaitu Kelurahan Durian Luncuk dan Muara Jangga. Sedangkan desa yang terdapat di Kecamatan Batin XXIV adalah Desa Aur Gading, Bulian Baru, Hajran, Jangga Aur, Jangga Baru, Jelutih, Karmeo, Koto Buayo, Mata Gual, Olak Besar, Paku Aji, Simpang Jelutih, Simpang Karmeo, dan Terentang Baru.

*

3. KECAMATAN MERSAM

Di Kecamatan Mersam terdapat desa dengan jumlah yang lebih banyak, yaitu Desa Belanti Jaya, Benteng Rendah, Bukit Harapan, Bukit Kemuning, Kembang Tanjung, Mersam, Pematang Gadung, Rantau Gedang, Sengkati Baru, Sengkati Gedang, Sengkati Kecil, Simpang Rantau Gedang, Sungai Puar, Tapah Sari, dan Teluk Melintang. Di Kecamatan ini hanya terdapat satu kelurahan yaitu Kelurahan Kembang Paseban.

*

4. KECAMATAN MARO SEBO ILIR

Wilayah Maro Sebo Ulu terdiri atas tujuh desa dan satu kelurahan. Desa yang dimaksud adalah Desa Bukit Sari, Bulian Jaya, Danau Embat, Karya Mukti, Kehidupan Baru, Terusan, dan Tidar Kuranji. Satu-satunya kelurahan di Maro Sebo Ilir adalah Kelurahan Terusan.

*

5. KECAMATAN MARO SEBO ULU

Desa di wilayah berjumlah 16, yaitu Desa Batu Sawar, Buluh Kasab, Kampung Baru, Kembang Seri, Olak Kemang, Padang Kelapo, Peninjauan, Rengas IX, Sungai Lingkar, Sungai Ruan Ilir, Sungai Ruan Ulu, Tebing Tinggi, Teluk Leban, Kembang Seri Baru, Mekar Sari, dan Rawa Mekar. Satu-satunya kelurahan di kecamatan ini adalah Kelurahan Simpang Sungai Rengas.

*

6. KECAMATAN MUARA TEMBESI

Desa di kecamatan ini adalah Desa Ampelo, Ampelo Mudo, Jebak, Pelayangan, Pematang Lima Suku, Pulau, Rambutan Masam, Rantau Kapas Mudo, Rantau Kapas Tuo, Suka Ramai, Sungai Pulai, dan Tanjung Marwo. Di kecamatan ini terdapat dua kelurahana yaitu Keluraha Kampung Baru dan Kelurahan Pasar Muara Tembesi.

*

7. KECAMATAN MUARABULIAN

Kecamatan Muarabulian memiliki jumlah desa dan kelurahan terbanyak, Kecamatan ini juga sekaligus sebagai Ibukota Kabupaten Batanghari. Desa yang termasuk wilayah kecamatan Muarabulian adalah Desa Aro, Bajubang Laut, Kilangan, Malapari, Muara Singoan, Napal Sisik, Olak, Pasar Terusan, Rambahan, Rantau Puri, Simpang Terusan, Singkawang, Sungai Baung, Sungai Buluh, dan Tenam. Sementara Kelurahan di wilayah ini terdiri atas Keluraha Muara Bulian, Pasar Baru, Rengas Condong, Sridadi, dan Teratai.

*

8. KECAMATAN PEMAYUNG

Kecamatan ini terdiri atas 17 Desa, yaitu Desa Awin, Kaos, Kuap, Kubu Kandang, Lopak Aur, Lubuk Ruso, Olak Rambahan, Pulau Betung, Pulau Raman, Selat, Senaning, Serasah, Simpang Kubu Kandang, Tebing Tinggi, Teluk, Teluk Ketapang, dan Ture. Di Kecamatan ini juga hanya terdapat satu kelurahan yaitu Kelurahan Jembatan Mas.

*

Dengan Demikian, di Kabupaten Batanghari terdapat 8 kecamatan dengan 113 desa/kelurahan. Sekian info wilayah Kabupaten Batanghari Jambi, semoga manfaat.

*

Salam Literasi

Muarabulian, 22 Agustus 2020

Referensi :

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post