Emiwati

Emiwati, S. Pd. adalah alumni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas ...

Selengkapnya
Navigasi Web

KENDURI SWARNABUMI (1)

KENDURI SWARNABUMI

 

*

 

Provinsi Jambi di Pulau Sumatera terkenal dengan kekayaan alam berupa ekosistem sungai dan kawasan perkebunan, yang kisahnya saling bertolak-belakang. Yang satu terus membesar, satunya lagi sekarat menunggu lonceng kematian.

 

Sungai Batanghari sepanjang 800 kilometer melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Jambi seperti Batanghari, Bungo, Tebo, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi hingga bermuara ke Selat Malaka, merupakan budaya terkokoh peradaban Kerajaan Melayu Kuno yang tidak terbantahkan.

 

Sungai yang menjadi peradaban kuno di era 7-13 Masehi, kini serupa tempat sampah bagi pembuangan limbah cair pabrik karet, sawit, air raksa (merkuri) yang bersumber dari penambangan emas ilegal, perhotelan, dan industri lainnya. Pun cemaran limbah padat atau sampah dari rumah tangga, pasar, pertanian dan pertokoan.

 

Situasi tersebut memengaruhi penurunan hasil tangkapan ikan nelayan di Daerah Aliras Sungai (DAS) Batanghari. Sebelum 2015, sekitar 20-50 kilogram ikan bisa didapat hanya menggunakan jala tradisional yang dipasang di pinggiran sungai.

 

 

BERSAMBUNG ....

 

 

Muara Bulian, 29 Agustus 2022

 

 

Tagur : 10 / 770

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post