Putri

Nulis aja...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cerita Relasi Part 1

Cerita Relasi Part 1

(Relawan Demokrasi KPU Kota Kediri)

Pada bulan November 2013 dibuka kesempatan untuk menjadi Relasi KPU Kota Kediri. Relasi adalah singkatan dari Relawan Demokrasi yang menjadi penghubung untuk menyuarakan demokrasi pada masyarakat.Tepatnya pada pemilu tahun 2014 di Kota Kediri.

Dimulai dengan pendaftaran, pengumpulan berkas, kemudian ujian tulis dan wawancara. Akhirnya saya terpilih di salah satu segmen yaitu Segmen Pemula. Di sana bertemu dengan teman sesama organisasi PMII kemudian juga ada dari HMI dan aktivis keagamaan. Semua anggota relasi bukan merupakan anggota partai maupun kader partai.

Relasi saat itu dibagi menjadi lima segmen, yaitu Segmen Pemula, Segmen Disabilitas, Segmen Perempuan, Segmen Agama dan Segmen Marginal. Kelima segmen tersebut menjadi perhatian khusus KPU karena beberapa faktor.

Berikut pembagian segmen Relasi di KPU Kota Kediri:

1. Segmen Pemula untuk para kaum muda. Mulai dari anak setingkat SMA, anak kuliah, maupun aktivis dan komunitas anak muda.

2. Segmen Disabilitas untuk penyandang disable yang ada di kota Kediri.

3. Segmen Perempuan untuk para perempuan yang memang masih jadi kaum terpinggirkan.

4. Segmen Agama yang terjun ke berbagai organisasi atau lembaga keagamaan.

5. Segmen Marginal bertugas mensosialisasikan demokrasi pada masyarakat. Seperti pada buruh, pekerja lepas atau pedagang di pinggiran jalan, pasien di rumah sakit maupun napi yang berada di rumah tahanan.

Setiap segmen terdiri dari lima anggota yang nantinya akan menyampaikan atau mensosialisasikan tentang demokrasi sesuai segmen yang diembannya.

Dari kelima segmen tersebut terdiri dari anggota relasi dari berbagai kalangan masyarakat dan berbagai profesi. Mulai guru, dosen, pemimpin organisasi, aktivis, hingga pemuka agama. Sungguh pengalaman yang berharga bisa mengenal berbagai orang dengan profesi yang bermacam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan informatif, bermanfaat dikemas dengan bahasa yang menarik. Mantab, salam sukses dan tetap semangat bunda

19 Oct
Balas

Selalu semangat yes. Terima kasih

21 Oct

Semangat menjaga kedaulatan negara demokrasi.

20 Oct
Balas

Harus dan wajib.

21 Oct



search

New Post