ENDAH HIDAYATI, S.Pd

Saat kau merasa ingin menyerah, ingatlah apa yang selama ini membuatmu bertahan Mengajar di MAN 2 KOTA KEDIRI. SD, SMP, S...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGENAL IBNU SINA, BAPAK KEDOKTERAN MUSLIM YANG DI AKUI DUNIA

MENGENAL IBNU SINA, BAPAK KEDOKTERAN MUSLIM YANG DI AKUI DUNIA

Jika selama ini para ilmuwan barat telah menjadi idola sepanjang hidup, mengapa tidak menoleh pada para ilmuwan muslim yang begitu hebatnya. Tak kalah dengan para ilmuwan kedokteran barat lainnya. Ibnu Sina telah membuktikan pada dunia bahwa muslim pernah berkontribusi di dunia kedokteran. Ibnu Sina sangat terkenal karena kepakarannya dalam dunia kedokteran dan ilmu-ilmu lainnya. Orang barat menyebutnya Avicenna.

Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan muslim yang mendasari ilmu kedokteran. Ia disebut sebagai “Bapak Kedokteran Modern”. Ia lahir pada zaman keemasan peradaban Islam, sehingga ia disebut sebagai tokoh Islam dunia. Pada zaman tersebut ilmuwan-imuwan muslim banyak menerjemahkan teks ilmu pengetahuan dari Yunani, Persia, dan India untuk selanjutnya dikembangkan demi kemaslahatan umat. Pengembangan ini terutama dilakukan oleh perguruan yang didirikan oleh Al-Kindi.

Ibnu Sina juga seorang penulis yang produktif, sebagian besar karyanya membahas tentang filsafat dan pengobatan. The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai Qanun yang digunakan sebagai referensi di bidang kedokteran selama berabad-abad.

Ibnu Sina bernama lengkap Abu Ali al-Huseyn bin ‘Abdullah bin Hasan Ali bin Sina. Ibnu Sina lahir pada 980 M (375 H) di Afsyahnah daerah dekat Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (kemudian Persia). Saat berusia 10 tahun dia banyak mempelajari ilmu agama Islam dan berhasil menghafal Al-Quran.

Saat 16 tahun dia dibimbing oleh gurunya Abu Abdellah Natili, dia sudah sanggup menerangkan kembali pada gurunya isi dari buku Isagoge (ilmu logika), buku al-mages (ilmu astronomi kuno), dan buku Ecludis (ilmu arsitektur). Setelah berhasil mendalami ilmu alam dan ketuhanan, Ibnu Sina pun merasa tertarik untuk mempelajari ilmu kedokteran. Ia mempelajari ilmu kedokteran pada Isa bin Yahya. Maka Ia membidik di bidang kedokteran, sehingga dalam waktu singkat ia meraih hasil yang luar biasa. Berkat ketekunan dan semangatnya yang tinggi dalam mempelajari ilmu tersebut, Ibnu Sina akhirnya sanggup mengobati orang-orang yang sakit. Karya yang ditulis Ibnu Sina diperkirakan telah mencapai 100 sampai 250 buah judul.

KEDIRI, 2 Pebruari 2020

#Tantangan hari ke -16

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih berbaginya Bu

02 Feb
Balas

TERIMAKASIH responnya bunMaaf terlambat balasnya .hehe

15 Feb

Terimkasih ilmunya Bu

02 Feb
Balas

TERIMAKASIH responnya bundaMaaf br balas..hehe

15 Feb
Balas



search

New Post