ENDAH HIDAYATI, S.Pd

Saat kau merasa ingin menyerah, ingatlah apa yang selama ini membuatmu bertahan Mengajar di MAN 2 KOTA KEDIRI. SD, SMP, S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendingin,  Kehadiranmu Merusak  Perisai !

Pendingin, Kehadiranmu Merusak Perisai !

Mengapa Bisa ?

Pendingin menjadi sebab rusak nya perisai..... .

Pasti kita semua telah menggunakan produk-produk teknologi yang sangat membantu kerja manusia. Teknologi di ciptakan untuk meringankan dan mempermudah kerja manusia, membuat nyaman hidup, menjadi lebih efektif dan lebih cepat kerjanya.

Namun, kemajuan teknologi selalu beriringan dengan dampak negatif yang dihasilkan, dapat berupa gas-gas yang dalam jumlah besar akan mempengaruhi kehidupan di muka bumi. gas monoksida, gas karbon dioksida, gas asam , gas CFC ( Chloro Fluoro Carbon). dengan sebutan sebagai gas polutan.

Kali ini kita akan mengulas salah satu gas yang sangat besar pengaruhnya terhadap lapisan pelindung kita dari pancaran sinar Ultra violet. Gas CFC.

Apakah gas CFC itu?

Chloro Fluoro Carbon ( CFC), adalah senyawa organik yang mengandung karbon, klorin, dan fluorin, diproduksi sebagai turunan volatile metana, etana dan propana. Pada dasarnya bentuk CFC adalah gas. Lalu apa hubungannya dengan AC (Air Condition )?

Di dalam AC terdapat sejenis gas CFC yang di masukkan dalam saluran instalasi AC. Gas CFC ini yang di kenal sebagai gas Freon AC.

Kita sebagai pengguna AC, wajib mengetahui apa yang ditimbulkan dari gas CFC dalam waktu yang lama. gas CFC ini dapat menyebabkan kerusakan pada molekul lapisan Ozon. CFC bergerak naik menuju stratosfera ( 10- 50 km ). Diatas lapisan Ozon Pertengahan ketinggian antara 20-25 km sinar ultra ungu diserap oleh ozon .Molekul CFc terurai setelahdiputar dengan sinar UV, dan melepaskan atom klorin. Atom klorin ini menyebabkan kerusakan lapisan Ozon. lapisan pelindung kita dari intensitas sinar UV. Lapisan ini menyerap 98 % sinar UV.

Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20-25 km di atas permukaan bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultra violet terhadap molekul oksigen. molekul yang terdiri dari 3 molekul oksigen.

Namun lapisan perisai kita yang melindungi dari sinar UV, semakin lama semakin tipis. Penyebab utamanya adalah gas CFC. CFC yang di gunakan dalam kegiatan manusia dapat berasal dari mesin pendingin (AC ), freezer kulkas, gas aerosol pada parfum semprot, hairsprey, dan produk plastik.

Para ilmuwan mencari cara untuk mencegah lapisan Ozon ini kian menipis. pada tahun 1989, negara peserta perjanjian (konvensi ) MONTREAL bersepakat untuk melarang produksi senyawa yang memicu lapisan Ozon menipis. Sejak itu, jumlah senyawa yang bisa menyebabkan reaksi kerusakan lapisan ozon berkurang.

Menurut peneliti, kemungkinan kadar klorin di atmosfer dapat kembali normal dalam waktu 50 tahun.

Sebagai penduduk Bumi, kita harus mengurangi penggunaan produk yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan Ozon, sebab bila lapisan Ozon telah rusak, berlubang, sinar UV akan langsung menuju bumi tanpa ada perisai pelindungnya. Kemudian di Bumi sinar tersebut terjebak oleh kadar lapisan gas lain yaitu CO2 atau karbon dioksida sehingga terjadi efek rumah kaca. Panas Sinar UV akan di pantulkan kembali ke Bumi.

Betapa panasnya bumi kita ini.

Dari efek pendingin yang kita gunakan !

*****************************************

Tantangan hari ke 25

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post