Endah Wijayanti

Endah Wijayanti used to be a secretary to Vice President of PT Artawa Indonesia.She moved to another company, as a secretary of Nippon Steel Corp. Currently sh...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ketika Logika Menjadi Dilema

#TantanganGurusiana

Kegiatan webinar guru yang satu ini sudah 2 bulan lalu terencana, sementara pemberitahuan mengikuti pelatihan dari kementerian baru tiga hari yang lalu diterima. Semua bagus dan semua penting.

Akan jadi masalah jika aku sebagai ketua pelaksana sekaligus moderator, tak mengikuti jalannya webinar.Tapi kegiatan pelatihan tak boleh aku tinggalkan.

Malam menjelang kegiatan Webinar guru, harus ada zoom sebagai persiapan. padahal saat itu ada materi di ruang aula yang harus diikuti.

Sengaja kupilih meja dekat tembok di bagian belakang.

Mata mengarah pada narasumber di depan, sambil menunggu teman-teman masuk ruang zoom.

Headset sudah menempel di telinga. Jariku memainkan pena diatas meja.

Waktu menunjukkan pukul delapan. Teman-teman panitya kegiatan mulai menampakkan wajahnya. Layaknya pemimpin rapat, mulailah kubuka rapat di dalam ruang kegiatan pelatihan.Rapat berjalan lancar, mantap .

Dan disini aku mendua.

Usai rapat, posisi masih di ruang kegiatan pelatihan. Kuperhatikan semua ucapan pembicara.

Saat sesi bertanya, akulah orang yang pertama bertanya.

Sesi awal diluar logika berjalan.

Ini masih bisa dijalankan. Bagaimana dengan esok siang?

Ah, jalankan saja.

Pagi dengan semangat tak ada dua, aku mengikuti lanjutan kegiatan pelatihan.

Pelatihan akan berlanjut setelah istirahat dan makan siang.

Di kamar hotel yang nyaman, laptopku bertengger di meja panjang.Tepat jam jam 1 siang, kegiatan webinar dibuka. Sebagai moderator, aku mengiringi persembahan pemateri yang sudah dikenal.Peserta mencapai 300 orang. Sampai pada sesi tanya jawab, semangatku terus menyala. Pukul setengah empat, kututup acara kegiatan webinar. Dan aku berlari ke ruang pelatihan. Perlahan masuk ruang dari belakang.Sstt...,langkahku pelan sambil membungkukkan badan ke kursi depan.

Pemateri masih asyik menjelaskan, posisi badannya membelakang.Kusimak semua yang diucapkan.

Saatnya sesi tanya jawab, tangan kuangkat duluan.

Ahh,terjangkau juga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post