Endang Kusumawati

Guru BK di SMA N 1 Ampibabo, kab Parigi Moutong. Motto: Menulis, menulis dan menulis, karena aku bukan orang hebat dan bukan orang terkenal....

Selengkapnya
Navigasi Web

Tamuku Sore Itu

Tamuku sore itu

" Tak perlu engkau berlelah lelah agar tampak menjadi baik dimata mereka, tapi teruslah berusaha melakukan kebaikan dengan penuh keikhlasan, karena setiap orang memiliki pandangannya masing masing tentang dirimu" ucapku pada tamu istimewaku di sore itu.

" Engkau bisa menarik dimata orang yg paham akan dirimu, sebaliknya engkau bisa pula menjengkelkan bagi orang yang iri dan dengki kepadamu" lanjutku.

Air matanya kian deras membasahi pipi cabynya, sambil sesekali tangannya membetulkan letak jilbabnya.

Dia seorang muslimah, cantik anggun mempesona, yang datang kerumah dengan senyum yang teramat manis pada awalnya, namun seiring percakapan kita dari hati kehati, tiba tiba matanya sembab dan, runtuhlah benteng pertahanan untuk menahan air matanya. Melihat senyum diawal kedatangannya aku tak pernah sangka bahwa itu hanya cara dia menyembunyikan tangisan semalamnya.

"Kupilih untuk lebih menerima kenyataan, dari pada aku harus menyerah dengan keadaan ini demi semuanya" ujarnya sambil menahan sesak didadanya.

"sungguh yang kukenal dari dirimu, bahwa engkau tercipta dengan sangat istimewa, dengan tetap tegar meski nyaris menyerah, sabar meski ingin mengeluh, dan kuat meski hampir saja terjatuh" kataku.

Dan tamu sholehaku disore itu spontan memelukku dengan sangat erat, seakan dia tau bahwa aku bisa memahami kunci hatinya, yakni pada telinganya, Dia butuh kata kata untuk didengarnya bahwa perjuangan dan kelembutannya sebagai seorang istri, seorang menantu, seorang ibu, ada yang menghargainya dan bukan menindasnya.

Pertemuan kami terputus oleh suara Tarhimah dari arah masjid tanda waktu magrib tiba. Tamuku berpamitan, kulepaskan jabat tangannya dengan ucapan"Semoga ringan beban hatimu saat engkau keluar dari pintu rumahku"

Ampibabo 27 mei 2020

Gambar ilustasi dari blog Ely setiawan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ibu luar biasa...org terpilih yg bs mendengar keluh kesah org lain. Pengen jg berkeluh kesah sm ibuu. Salam kenal dari padang. Bagiku,orang hebat adalah org yg menyediakan telinganya buat org lain.

27 May
Balas



search

New Post