ENDANG MULYANI PUTRO

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
DiGUgu dan DitiRU
CELOTEH SI KECIL

DiGUgu dan DitiRU

# Di GUgu lan di ti RU #

......

Kapankah konsep GURU sebagai sosok yang di GUgu dan ditiRU mulai berlangsung?

......

Semalam Aku mendapat kiriman Video dari Wali murid KB Aisyiyah 33 Sura­baya. Video tersebut bercerita tentang Gavin yang sedang ber main peran Sekolah- sekolahan di rumahnya. Mama Diana lbunda Gavin, memang Ku minta untuk sesekali merekan aktifitas Gavin saat dirumah .

Dan jawabannya,... semalam itulah Video Gavin berulang-alung Ku tonton.

Subhanallah....

Apa yang diucapkan dan dilakukan Gavin ketika berperan sebaga Aku saat mengajar betul- betul membuatku menhela hafas panjang. Ku perhatikan benar bagaimana tayangan video tersebut . kalimat yang Ku ucapkan, bisa diucapkannya dengan sama persis. GayaKU saat mengajar juga dia tirukan dengan pas.

Gavin, .....

Anak laki-laki berusia 3 tahun tersebut memang luar biasa. Saat tertentu Gavin terlihat asyik bermain didalam imajinasi dunianya sendiri. Gavin yang biasanya pemberani, suatu ketika menangis saat ditinggal Mamanya keluar sekolah. Pada waktu menangis Gavin minta menyusul mama dan minta ditelepunkan mama. Berbagai kalimat penenang yang ku ucapkan dijawab semua dengan alibinya.

"Dalang ga kekurangan lakon"

Akupan mencoba menggambar peta jalan raya di seputar sekolah. Sembari menggambar kutanyakan, mana saja jalan yang dilalui mama dan Gavin. Sambil terisak, Gavin menceritakan jalan - jalan yang dilalui ketika menuju ke sekolah. Semua ku gambar dan setiap gambar tersebut tak lupa juga ku tuliskan namanya.

Alhamdulillah,...

Setelah beberapa saat, mama sudah sampai sekolah lagi. Gavin terdiam dan tersenyum agak malu-malu. Namun walaupun mama sudah kembali ke sekolah, gambar dipapan tulis belum boleh kuhapus. Bahkan Gavin minta supaya Aku melanjutkan menggambar sesuai ceritanya. Saat itulah aku berucap;"Tangannya malu tidak mau menggambar ini, ada mama mama di dalam kelas."

Begitu Gavin mendengar apa yang kusampaikan tersebut, dia langsung menoleh ke mama nya, dan meminta mamanya untuk keluar kelas.

Subhanallah,... Alhamdulillah,...

Berhari-hari Aku kesulitan memberikan pemahaman kepada Gavin agar mau sekolah sendiri tanpa mama di dalam kelas. Bahkan reword stempel smille pun bukan sesuatu yang menarik untuknya. Dia lebih memilih 1 stempel smille asalkan mama ada di dalam kelas. Tapi alhamdulillah,... hari ini Gavin yang meminta sendiri supaya mamanya berada di luar kelas.

Malam ini saya melihat beberapa rangkaian peristiwa tentang diriku saat bersama anak-anak, tapi dengan pelakon seorang anak laki-laki bernama Gavin.

***

Sisi lain diri ini kembali harus belajar tentang bagaimana GURU adalah sosok yang diGUgu dan ditiRU.

Astaghfirullah,...

Istilah GURU adalah sosok yang diGUgu dan ditiRU sudah sangat melekat sejak Aku menerima pelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar dulu. Bagaimana anak usia dini adalah sosok peniru ulung juga sudah sering Ku sampaikan dalam forum-forum belajar bareng guru-guru PAUD.

Tapi dengan video Gavin semalam,... aku benar benar merasakan, betapa luar biasanya Allah SWT mentarbiyahku tentang bagaimamen jadi fasilitator dalam optimalisasi perkembangan anak usia dini tersebut.

***

VID-20170330-WA0193
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip Bu Endang, memang guru itu adalah teladan bagi murid-muridnya, apa yang dikerjakan guru selalu menjadi perhatian murid2 nya bahkan dicontoh. Diguru lan ditiru. Keberhasilan pendidikan karakter di sekolah, tidak lepas dari teladan tsb. Artinya guru harus memberikan teladan kepada murid2nya dalam hal karakter agar pendidkan karakter tsb berhasil, jangan mengajari nyontek, kebocoran soal dll

31 Mar
Balas

Betul banget. Sy sampai bengong lihat video itu.Sebetulnya ada videonya pak... Tapi sy blum bisa upload nya.. Bagaimana ya pak

31 Mar

Betul banget. Sy sampai bengong lihat video itu.Sebetulnya ada videonya pak... Tapi sy blum bisa upload nya.. Bagaimana ya pak

31 Mar

dahsyat, guru yang kereeen

31 Mar
Balas

Aamiin... matur nuwun pak Leck

31 Mar

Wohoo, amazing

31 Mar
Balas

Wohoo, amazing

31 Mar
Balas

Wohoo, amazing

31 Mar
Balas

Terima kasiiiiih..

31 Mar

Guru pembelajar. Mantap

31 Mar
Balas

Aamiin,... terima kasih. barakallah

31 Mar



search

New Post