Endang Siwi Ekoati

Saya adalah seorang guru yang ingin terus belajar hingga maut menjemput. Belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Begitu pula mengajar.Terlebih ketika m...

Selengkapnya
Navigasi Web

HIDUP PERLU TARGET

Target dalam KBBI mempunyai arti sasaran (batas ketentuan dan sebagainya) yang telah ditetapkan untuk dicapai. Dalam hidup, seseorang harus mempunyai target. Target sangat penting demi tercapainya sebuah cita-cita, angan-angan, harapan, dan keinginan. Jika kita hanya sekadar menjalankan hidup tanpa target, yang terjadi adalah tidak ada standar yang dapat kita gunakan sebagai acuan sebuah kesuksesan.

Tiga bulan yang lalu, selepas pelatihan sagusabu, peserta diberi target penyelesaian buku dalam waktu satu bulan. Bisakah terpenuhi? Memang, tidak semua peserta dapat mewujudkan buku dalam waktu satu bulan. Namun, dari 100 peserta setidaknya 30 buku sudah dihasilkan. Artinya, 30% peserta dapat membuat buku sesuai target.

Hasil 30% memang belum tinggi tetapi bisa dibayangkan seandainya tidak ada target. Jangankan 30 buku, 10 buku saja mungkin tidak dapat dihasilkan. Mari kita introspeksi, baik yang sudah membuat buku maupun yang masih berproses dalam membuat buku. Apa yang menyebabkan target satu buku dalam satu bulan tidak terpenuhi?

Disadari atau tidak, terpenuhinya sebuah target dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebagai salah satu peserta yang dapat memenuhi target satu bulan untuk menulis buku, setidaknya beberapa faktor ini penyebabnya. Pertama, fokus. Fokus sangat diperlukan agar kita tidak tergoda dengan gangguan-gangguan lain. Bukan berarti yang lain tidak penting tetapi dengan adanya fokus, satu titik yang akan dituju menjadi prioritas capaian.

Faktor kedua yaitu kedisiplinan. Buku yang akan dicetak minimal 50 halaman A4. Jika target kita satu bulan minimal 50 halaman maka dalam sehari kita harus menulis 2 halaman. Pastikan kita menulis minimal 2 halaman dalam sehari. Dengan menulis 2 halaman dalam sehari maka dalam waktu satu bulan, 60 halaman sudah kita ditulis. Standar minimal sudah tercapai.

Faktor ketiga adalah kerja keras. Meskipun hanya dua halaman yang harus diketik, bisa saja buku-buku sebagai bahan referensi berjumlah puluhan. Artinya, kita harus bekerja keras membaca sejumlah buku dalam sehari agar tulisan kita berkualitas. Otak dan pikiran kita juga harus bekerja keras, bekerja sungguh-sungguh supaya tidak ada waktu yang hilang sia-sia.

Faktor keempat, membangun jejaring. Kita perlu berkomunikasi dengan peserta lain agar permasalahan yang terjadi dicarikan solusi bersama. Untuk dapat menulis buku memang membutuhkan waktu dan konsentrasi yang tinggi tetapi bukan berarti tidak bergaul dan tidak berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi seputar permasalahan dalam menulis buku akan mengurangi kepenatan dan kejenuhan. Oleh karena itu, membangun jejaring dengan orang lain sangat diperlukan.

Langkah kelima, tetap bahagia. Jangan menganggap target yang kita buat sebagai beban. Jika menganggap target sebagai beban maka kita menjalaninya dengan terpaksa. Cara yang paling baik adalah anggap target sebagai hiburan sehingga kita tetap bahagia menjalankannya. Bahagia menjadi bagian yang sangat penting agar tidak stres dalam meraih target kita.

Demikian faktor-faktor yang menyebabkan ketercapaian target menulis buku dalam satu bulan. Dalam hidup, kita mempunyai beberapa target yang harus dicapai. Agar target-target tersebut tidak hanya sekadar target maka tidak ada salahnya melakukan langkah satu sampai lima seperti dijelaskan di atas.

Selamat mencoba…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih paparan yang berdaging dan bermanfaat. Barakallah

17 Oct
Balas

Alhamdulillah...barakallah..

17 Oct

Luar biasa bu siwi, sangat memotivasi. Terimakasih atas tulisan pagi nya. Semangat tetap sehat dan selalu bahagia.

17 Oct
Balas

Salamat sukses dan bahagia..

17 Oct

Inapirasi yang sangat lengkap Bu...Terimakasih...

17 Oct
Balas

Sama sama... Barakallah.

17 Oct



search

New Post