Endang Siwi Ekoati

Saya adalah seorang guru yang ingin terus belajar hingga maut menjemput. Belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Begitu pula mengajar.Terlebih ketika m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Nasi Menjadi Bubur

Ketika Nasi Menjadi Bubur

Sebagai ibu rumah tangga, kita sering dibingungkan dengan menu sarapan pagi, khususnya pada saat hari libur. Apa ya yang cocok untuk sarapan bersama anak-anak dan keluarga, yang cara membuatnya mudah tetapi tetap enak. Apa ya yang cocok untuk menemani nasi yang sudah mulai dingin karena sisa hari kemarin.

Ini bukan peribahasa, “Nasi telah menjadi bubur”. Bukan itu. Yang akan saya bincangkan adalah cara menyiasati supaya nasi sisa kemarin tidak terbuang mubazir.

Caranya mudah saja, buatlah bubur dari nasi, bukan dari beras. Selain lebih cepat memasaknya, nasi yang seolah-olah sudah tak berharga itu akan berubah menjadi menu sarapan pagi yang menggoda.

Mau tahu caranya? Lihatlah di freezer tempat penyimpanan ikan. Adakah ayam, daging, mudang, atau ikan lainnya. Jika ada, itulah solusinya. Buatlah kaldu dari ayam, daging, udang, atau ikan. Saran saya, kalau tidak suka dengan bau amis, jangan pakai ikan.

Masak ayam, daging, atau udang, dengan air kira-kira 1 liter, sampai menjadi kaldu. Tambahkan 1 ruas jahe dan 1 siung bawang putih. Ambil air kaldu, masukkan ke panci yang lebih besar. Rebus air kaldu bersama 1 piring nasi. Kemudian tambahkan garam sesuai selera.

Sambil menunggu bubur masak, iris bawang bombai dan bawang putih. Tumis irisan ayam, daging atau udang dengan ditambah sedikit kecap, merica, atau lada. Untuk bumbu sesuai selera saja, boleh manis, boleh gurih.

Setelah bubur jadi, sajikan dalam mangkok dengan ditaburi irisan daun bawang (jika suka), bawang goreng, tumisan ayam atau daging. Boleh ditambahkan kerupuk sesuai selara. Bubur siap dinikmati bersama keluarga. 1 piring nasi, bisa menjadi 4-5 mangkuk saji. Mudah bukan?

Selamat mencoba.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih resepnya ibu..biasanya nasi sisa saya buat nasi goreng ternyata bisa dibuat bubur juga.

17 Sep
Balas

Selamat mencoba..

17 Sep

Weh menu praktis buat sarapan, karena kalau buat dari beras kan lama. Terimakasih resepnya bu siwi. Siap dicoba.

17 Sep
Balas

Silakan dicoba.. Enak lho

17 Sep

Wow...bisa dicoba nih...

17 Sep
Balas

Iya. Mudah buatnya..

17 Sep



search

New Post