endang susilowati

Assalamualaikum... saya Endang Susilowati Guru di SMPN 1 Bantaran Probolinggo Salam kenal semua...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tang Oreng

Tang Oreng

Kata-kata itu menggelitik saya, dikala sepeda motor melaju untuk menembus waktu karena sudah ditunggu teman yang sudah janjian akan ke BKD dengan membawa beberapa permasalahan kedinasan. Di belakang mobil panther yang melaju di depan sepeda,tertulis kata Tang Oreng. Senyam senyum melihat tulisan itu,masalahnya pikiran langsung bekerja untuk mencari arti dan makna dari dua kata itu

Selang satu hari sempat penulis menyapa teman satu kantor yang memang asli orang Probolinggo dan beliau juga berasal dari Madura. Memang dua kata itu adalah bahasa madura yang memiliki arti yang sama tapi berbeda dengan kata Tang Endik. Sebenarnya dua kata itu sudah lama dan sering juga terdengar, tapi entahlah kali ini menarik juga untuk diangkat sebagai topik. Masalahnya ada perbedaan makna yang terkandung di dalamnya. Bahasa madura memang berbeda dengan bahasa Jawa, antara tulisan dan cara membacanya ada beberapa huruf yang berbeda, sehingga agak sulit melafalkan bagi orang-orang yang bukan asli orang Madura.

Dari sini teringat pengalaman pertama waktu hijrah dari Pasuruan sebagai kota asal ke Probolinggo karena mengikuti suami sekitar tahun 1998 yang lalu. Ketika menemui semua murid yang berbahasa Madura serta orang-orang dalam keluarga besar suami mayoritas berbahasa Madura, ekspresi yang kutunjukkan adalah selalu senyum, karena gak ngerti dan bingung. Bahkan seandainya di olok-olokpun aku gak akan marah, karena gak ngerti juga apa yang dikatakan. Memang benar istilah yang mengatakan bahwa bahasa bisa karena biasa. Maksudnya biasa didengar dan biasa serta belajar mengucapkan, alhasil setelah hampir 20 tahun berada di Probolinggo akhirnya bisa juga dan mengerti bahasa Madura, walaupun masih perlu juga meguru untuk mengartikan beberapa kata, seperti kata "Tang Oreng".

Dua kata "Tang Oreng " dan "Tang Endik" memang memiliki arti yang sama yaitu menunjukkan arti milikku atau menjadi hak milik seseorang. Tetapi yang dimiliki atau apa yang menjadi hak milik seseorang itulah yang membedakan. Menurut bapak Munauwir teman satu kantor dengan penulis, beliau orang Madura yang lama berdomisili di Probolinggo, mengatakan bahwa untuk kata "Tang Oreng" ruang lingkup kepemilikan meliputi sesuatu benda yang abstrak tapi terasa besar rasanya, seperti kepercayaan, pengaruh kekuasaan, pengaruh jabatan dan juga pengaruh politik. Sedangkan untuk kata "Tang Endik" memiliki arti kepemilikan suatu barang yang kelihatan atau nyata bendanya, seperti mobil, rumah, makanan, minuman, anak, istri, suami, hewan, dll.

Tapi sayangnya saya belum menanyakan secara jelas alasan orang yang memiliki mobil panther itu, mengapa di belakang mobilnya tertulis kata "TANG ORENG". Apa hanya sekedar iseng biar beda dengan mobil yang lain ataukah memang ada maksud tertentu, masih bertanya-tanya juga. Mudah-mudahan suatu ketika bisa ketemu pemiliknya biar ngerti maksud dan tujuan penulisan itu.

Oke mudah-mudahan bermanfaat tulisan saya ini. Wassalam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan Bu Endang tersebut sudah bagus. Kesalahan penulisan juga hanya sedikit. Kata "dikala" seharusnya ditulis "di kala". Kata Madura masih ada yang belum diawali dengan huruf kapital. Kata "di olok-olokpun" seharusnya ditulis "diolok-olok pun". Kata "gak ngerti" akan lebih baik jika diganti "tidak tahu" atau "tidak mengerti".

14 Feb
Balas

Inggih pak, trimksh masukannya...

14 Feb

Bu Endang tang oreng onggu, siiip ....

10 Feb
Balas

Pak Saihodin gurunya...Barokallah

10 Feb
Balas

Inggih pak...biasanya kl anak2 memang gitu nggih...

10 Feb
Balas

Kalo anaku seneng bilang tang endik bu...

10 Feb
Balas



search

New Post