Eneng Sumarni, S.S.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Teacherpreneur

Teacherpreneur

#TantanganMenulisGurusiana Hari ke-70

Berjualan, berdagang, berbisnis, berbeda istilah namun intinya sama, menjual barang atau jasa. Berdagang bagi umat islam merupakan ibadah. Jika kita berdagang diniatkan untuk mendapatkan rezeki yang halal lagi berkah karena Allah SWT. Berdagang juga sunnah karena Nabi Muhammad SAW juga seorang pedagang yang sukses. 

Ada juga orang berdagang karena hobby. Bukan karena kekurangan uang atau materi namun lebih dari menyalurkan hobby. Dengan berdagang ia memperoleh keuntungan juga kepuasan karena bisa berinteraksi dengan banyak orang.

Namun ada juga orang yang berdagang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, seorang guru swasta yang gajinya pas-pasan terpaksa berdagang agar bisa memenuhi kebutuhannya atau agar bisa menabung untuk mewujudkan cita-citanya untuk dirinya dan keluarga.

Guru berdagang juga bisa sebagai cara supaya tidak bergantung sepenuhnya kepada gaji guru. Karena seyogyanya mengajar itu harus diniatkan karena Allah bukan hanya untuk mendapatkan gaji. Yang harus diperhatikan, guru yang berdagang harus memprioritaskan mengajar daripada berdagang. Jangan sampai meninggalkan tugas mengajar untuk kepentingan bisnis. Yang ada bukannya dapat berkah malah dapat dosa karena melalaikan kewajiban. Na'udzubillah.

Gunung Sindur, 23 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post