Enggrasedes, M. Pd

Guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Menggeluti profesi guru sejak tahun 1992. Diangkat sebagai PNS dengan penempata...

Selengkapnya
Navigasi Web
Istilah OTG Corona, Apa Artinya?

Istilah OTG Corona, Apa Artinya?

Berjalannya waktu membawa berbagai perubahan terhadap situasi pandemi covid-19. Seiring perkembangan pemberitaan corona, muncul sejumlah istilah yang baru dan mungkin asing bagi kita.

Kalau kemaren istilah social distancing, karantina, isolasi mandiri diganti dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), maka untuk pengkategorian orang yang rentan terjangkit covid-19 muncul pula istilah baru selain ODP, PDP, dan Suspect. Istilah yang terkini tersebut adalah OTG (Orang Tanpa Gejala).

Beradsarkan informasi yang saya peroleh dari https://kumparan.com menyebutkan bahwa istilah OTG di beberapa daerah di luar Jakarta untuk mengkategorikan orang yang rentan terjangkit covid-19. Sejak awal kategori ini dilakukan untuk mempermudah membedakan penanganan pasien.

Selain itu, menurut sumber ini, pembagian itu dilakukan lantaran tidak semua orang yang terduga akan benar-benar positif terinfeksi corona.

Lalu, apa bedanya OTG dengan ODP, PDP dan suspect?

· Orang Tanpa Gejala (OTG)

Masih berdasarkan informasi pada sumber yang sama, OTG adalah orang berpotensi terjangkit covid-19 tanpa menunjukkan gejala. Mereka biasanya adalah orang-orang yang mempunyai kontak atau berada di dalam radius satu meter dengan PDP atau pasien positif corona. Contohnya, petugas medis yang merawat pasien positif corona tanpa alat pelindung diri (APD). Tindakan yang harus dilakukan oleh seseorang OTG ini adalah sama dengan ODP, yakni isolasi mandiri selama 14 hari

· Orang Dalam Pemantauan (ODP)

ODP dapat disebabkan karena gejala yang yang yang dirasakan dan karena pergerakkan orang yang bersangkutan. Orang-orang yang sudah menunjukkan gejala seperti demam di atas 38 derajat celcius dan batuk/pilek dikategorikan ODP. Kemudian, orang-orang yang baru saja pulang dari daerah-daerah yang terpapar virus corona secara otomatis berstatus ODP.

Orang-orang ini harus mengisolasi diri secara mandiri selala 14 hari.

· Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

PDP adalah ODP yang sudah menunjukkan gejala yang lebih parah dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Gejala tidak hanya demam, batuk, pilek, tapi juga sesak napas.

· Suspect Covid-19

PDP yang ditelusuri riwayatnya tentang kontak dengan pasien positif covid-19. Jika benar telah terjadi kontak, maka PDP tersebut langsung berubah status menjadi suspect covid-19.

Kemudian pasien ini akan diperiksa secara keseluruhan untuk memastikan apakah dia positif terpapar atau tidak. Pemeriksaan ini dilakukan dengan dua metode yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing.

Demikianlah istilah-istilah yang dipakai untuk mengkategorikan seseorang sebelum oang tersebut dinyatakan sebagai pasien positif terinfeksi covid-19. Satu diantara istila tersebut yang merupakan istilah baru yaitu OTG.

Batusangkar, 3 April 2020

#tantanganmenulisgurusiana (Hari ke-78)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

OTG istilah paling baru dalam hal wabah corona. Terima kasih informasinya, Bu.

04 Apr
Balas

Sama-sama bu Yuli. Terima kasih tlh mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu. Barakallah.

04 Apr

Tuh kan mirip....

03 Apr
Balas

He he.. ternyata ada baiknya konfirmasi ke sini ya pak Hendra? Terima kasih telah mampir dan berkomentar. Sehat dan sukses selalu pak Hendra. Barakallah.

03 Apr

ilmu yang bermanfaat, makin mantap artikel ibu yang satu ini, sukses dan sehat selalu..aamiin

04 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih atas apresiasinya pak Radino. Smg bapak pun sehat dan sukses selalu, Barakallah.

04 Apr

OTG juga harus isolasi diri selama 14 hari di rumah bu,..anak saya juga karena tugas ke sulawesi, darijawa..gak boleh ke kantor..stay di rumah dinas...se,oga cepat berlalu corona ini..salam

03 Apr
Balas

Aamiin. Semoga anak pak Eko sehat-sehat saja. Terima kasih tlh mampir dan menanggapi. Sht dan sukses selalu. Barakallah

04 Apr

OTG, ODP, PDP, Suspect covid19... Walaupun kita tak berharap sedikit pun, kita harus tahu makna dan cakupan istilah-istilah itu... Semoga segera berakhir... Aamiin

03 Apr
Balas

Aamiin. Semoga segera berakhir. Terima kasih tlh mampir dan berkomentar. Smg sht dan sukses selalu Bu Amini. Barakallah.

04 Apr

Semoga tidak terlibat dengan semua istilah tersebut.Terima kasih atas refensi yang sangat baik ini

03 Apr
Balas

Aamiin. Demikianlah hendaknya ya pak? Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Sht dan sukses selalu, pak Khoirul. Barakallah.

03 Apr

Semoga lekas berlalu..

03 Apr
Balas

Aamiin. Semoga doa yang diijabah oleh Allah. Terima kasih bu, tlh mampir dan menanggapi. Sehat dan sukses selalu. Barakallah, bu Nurrohmah..

03 Apr



search

New Post