ENI ERAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kolaborasi  “ Teks Laporan Hasil Percobaan ” terhadap “ Listrik Statis “
Foto bersama anggota kelompok kolaborasi dua mapel UN

Kolaborasi “ Teks Laporan Hasil Percobaan ” terhadap “ Listrik Statis “

Teks Laporan Hasil Percobaan merupakan salah satu materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 tingkat SMP/MTs. Teks Laporan Hasil Percobaan sendiri merupakan salah satu teks yang berisi tentang paparan mengenai tujuan, proses, dan hasil dari sebuah percobaan.

Ciri-ciri teks laporan hasil percobaan, antara lain

1. Melaporkan hasil percobaan,

2. Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu,

3. Teks laporan hasil percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan,

4. Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melaksanakan percobaan,

5. Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan,

6. Memaparkan pencatatan hasil percobaan,

7. Di akhir laporan, dipaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhafdap data hasil pengamatan.

Mendengar kata “Listrik Statis” merupakan salah satu materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas 9 tingkat SMP/MTs. Pengertian dari “Listrik Statis” sendiri adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik yang melepaskan muatan listrik.

Pertanyaannya, berawal dari dua materi pada dua mata pelajaran yang berbeda tersebut, apakah bisa dikolaborasikan?????

Tepatnya pada hari Rabu, 9 Oktober 2019, di kelas 9A, jam pelajaran ke 1-2 adalah Mata Pelajaran IPA dengan pengajar Ibu Asmiati, S.Pd., M.Pd. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada saat itu adalah siswa dapat mempraktikkan materi “Listrik Statis” yang dikerjakan secara berkelompok. Dengan jumlah 32 siswa kelas 9A, telah terbagi menjadi lima kelompok. Selama dua jam pelajaran mereka telah berhasil praktik membuat listrik statis dengan alat dan bahan sterofom, lampu kecil-kecil, dan kabel. Setelah proses pengerjaan selesai, setiap kelompok siap untuk mempresentasikannya dengan diamati oleh guru mata pelajaran. Betul-betul kegiatan pembelajaran yang mengasyikkan.

Tiba saatnya jam pelajaran ke 3-4 di hari yang sama dan di kelas yang sama, adalah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, yang diampu oleh saya, Ibu Eni Erawati, S.Pd., M.Pd. Pasca siswa-siswi kelas 9A MTsN 1 Kota Surabaya melaksanakan praktik pembelajaran IPA dengan materi “Listrik Statis”, mereka siap melanjutkan dengan aktivitas kolaborasi dua materi pada dua mata pelajaran yang berbeda. Sungguh hal yang unik dan menarik

Masih dengan anggota kelompok yang sama pada saat tugas praktik pembelajaran IPA pada materi “Listrik Statis”, mereka siap menyusun Teks Laporan Hasil Percobaan sebagai bentuk laporan dari kegiatan praktik yang telah mereka laksanakan tadi. Dengan alat dan bahan kertas folio bergaris dan alat tulis, tampak anggota kelompok bekerja melaporkan kegiatan yang baru saja mereka lakukan. Dengan memperhatikan sistematika dan struktur Teks Laporan Hasil Percobaan, mereka dengan cermat menyusun Teks Laporan Hasil Percobaan dengan urut dan runtut.

Sistematika Teks Laporan Hasil Percobaan tersebut meliputi

1. Judul laporan,

2. Objek yang dilaporkan,

3. Pelapor,

4. Tujuan pelaporan,

5. Waktu pelaporan,

6. Tempat pelaporan,

7. Alat dan bahan

8. Langkah-langkah pelaporan,

9. Hasil laporan, dan

10. Simpulan.

Sedangkan struktur Teks Laporan Hasil Percobaan di antaranya adalah:

1. Pernyataan umum, berisi informasi yang mendeskripsikan secara umum tentang sesuatu yang menjadi bahan pengamatan. Tahap ini merupakan tahap pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan.

2. Uraian, berisi gambaran mengenai sesuatu yang menjadi bahan pengamatan dan dibahas secara rinci, mengulas per bagian atau perihal lainnya.

Seperti halnya pasca kerja kelompok pada kegiatan pembelajaran IPA, mereka harus mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, demikian juga pasca pengerjaan penyusunan Teks Laporan Hasil Percobaan pada Listrik Statis, setiap kelompok juga harus mempresentasikannya sebagai bentuk pertanggungjawaban dari kerja masing-masing kelompok.

Ternyata antara satu mapel dengan mapel yang lain bisa saling berkolaborasi. Kolaborasi sendiri mempunyai arti penggabungan, bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, lembaga, dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang pastinya menerima akibat dan manfaat. Kolaborasi pembelajaran pada materi Teks Laporan Hasil Percobaan terhadap Listrik Statis merupakan bentuk penerapan kolaborasi antara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yang kedua mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang tergabung dalam Ujian Nasional. Dan ternyata setelah dicoba, kolaborasi dua mata pelajaran tersebut sangat efektif, efisien, siswa lebih enjoy dalam pembelajaran, dan sukses pastinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab Bu Eni, kreatif dengan model pembelajaran kolaboratif dengan mapel lain, luar biasa, Barokallah

26 Oct
Balas



search

New Post