ENI ERAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MATSANESA Launching Buku Antologi Cerpen dan Antologi Puisi Karya Guru dan Siswa

MATSANESA Launching Buku Antologi Cerpen dan Antologi Puisi Karya Guru dan Siswa

Beberapa waktu yang lalu, materi kelas 9 adalah Teks Cerita Pendek. Penjelasan awal tentang teks cerita pendek telah penulis sampaikan melalui salah satu media pebelajaran berbasis multimedia, yakni Power Point Teks (PPT). Diawali dengan pengertian teks cerpen, ciri-ciri, unsur pembangun, hingga struktur teks cerpen telah tersampaikan dengan baik dan siswa memperhatikan sekaligus memahaminya. Masih melalui LCD Projektor, penulis telah menayangkan video film “Habibie dan Ainun” yang diangkat dari novel yang juga berjudul sama tersebut bercerita tentang kehidupan seorang Baharuddin Jusuf Habibie beserta istri. Setelah menyaksikan video tersebut, siswa diajak berdiskusi kelompok untuk menganalisis unsur pembangun baik intrinsik maupun ektrinsiknya, juga termasuk struktur yang meliputi Orientasi, Komplikasi, Resolusi, dan Koda.

Tugas kelompok pun telah usai. Berganti metode, penulis yang juga seorang pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, bercerita tentang kehidupannya. Setelah bercerita, intermezo penulis menyampaikan, Ini Ceritaku, Mana Ceritamu???? Dari sinilah kemudian siswa tertarik menyusun teks cerpen yang berangkat dari pengamalannya masing-masing. Setelah tugas menyusun teks cerpen usai, pasca berunding dengan Waka Bidang Akademik, telah sepakat agar teks cerpen siswa-siswi tersebut dibukukan menjadi Buku Kumpulan Cerpen tidak hanya karya siswa-siswi kelas 9A, juga teks cerpen karya ibu guru yang menjadi inspirasi baginya, juga ada beberapa anak dari kelas 9B.

Tidak hanya itu, penulis yang juga mengajar Bahasa Indonesia kelas 8A, B, dan C dengan materi Teks Puisi juga berhasil ‘merangkul’ siswa-siswinya agar bisa membuat satu anak satu puisi dengan tema ‘random’, pastinya setelah mereka mendapat penjelasan materi tentang Teks Puisi. Alhamdulillah, mereka berhasil membuat puisi yang betul-betul juga ORIGINAL. Kumpulan Teks Puisi mereka juga akan dibukukan dengan judul Antologi Puisi Karya siswa-siswi MTsN 1 Kota Surabaya.

Tepatnya di hari Senin, 28 Oktober 2019 di MTsN 1 Kota Surabaya telah dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan juga Peringatan Bulan Bahasa. Pasca pelaksanaan upacara bendera, yang dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba Peringatan Bulan Bahasa dan juga pembagian doorprize, terdapat momen yang benar-benar menakjubkan. Yakni kegiatan Launching Buku Antologi Cerpen dan Antologi Puisi yang merupakan hasil karya siswa-siswi MTsN 1 Kota Surabaya, juga karya sebagian dari Bapak/Ibu Guru.

Ada yang menarik dari dua buku tersebut. Di bagian cover atau sampul depan buku Antologi Cerpen bertuliskan “Sebuah Cerita di Tengah Kota”, di bawah bertuliskan Catatan Kecil Karya Siswa-siswi MTsN 1 Kota Surabaya. Demikian juga pada buku Antologi Puisi, pada bagian sampul depan bertuliskan “Tentang diksi, rasa, dan ungkapan terpendam dalam hati”. Pada bagian tengah bertuliskan SAJAK. Sedangkan di bagian bawah bertuliskan Antologi Puisi karangan Siswa-siswi MTsN 1 Kota Surabaya. Pada sampul atau cover bagian belakang bertuliskan “Sebuah kumpulan kata dan ide dari siswa-siswi MTsN 1 Kota Surabaya. Tentang diksi, rasa, ungkapan terpendam dalam hati. Menjadi bagian dari harapn dan jiwa sebuah literasi untuk terus berkarya, demi terwujudnyagenerasi bangsa yang berbudaya dan menjadi kebanggaan negeri tercinta.

Terima kasih siswa-siswi MATSANESA hebat dan bermartabat. Salam Literasi!!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post