ENI ERAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Outing Class, Pembelajaran yang Enjoy dan Fresh
Salah satu kelompok sedang berdiskusi.

Outing Class, Pembelajaran yang Enjoy dan Fresh

Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Menurut Wikipedia, pengertian pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pengertian pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Sedangkan tujuan pembelajaran (instructional objective) adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Penyusunan tujuan pembelajaran merupakan tahapan penting dalam rangkaian pengembangan desain pembelajaran. Dari tahap inilah ditentukan apa dan bagaimana harus melakukan tahap lainnya.

Kegiatan pembelajaran selain di dalam kelas (internal class) juga bisa dilaksanakan di luar kelas (outing class). Outing Class merupakan salah satu pembelajaran yang bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Biasanya pembelajaran di luar kelas (outing class) itu dianggap lebih enjoy bahkan lebih fresh, bagi mereka, para peserta didik.

Tepatnya di awal tahun pelajaran 2019-2020, pembelajaran di lembaga pendidikan manapun segera dimulai. Termasuk di lembaga MTs Negeri 1 Kota Surabaya. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX, materi yang terdapat di awal semester ganjil adalah Teks Laporan Hasil Percobaan. Teks laporan hasil percobaan merupakan salah satu teks yang berisi tentang paparan mengenai tujuan, proses, dan hasil dari sebuah percobaan. Ciri-ciri teks laporan hasil percobaan, antara lain

1. Melaporkan hasil percobaan,

2. Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu,

3. Teks laporan hasil percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan,

4. Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melaksanakan percobaan,

5. Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan,

6. Memaparkan pencatatan hasil percobaan,

7. Di akhir laporan, dipaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhafdap data hasil pengamatan.

Jika belum bisa mengarah pada percobaan, bisa berupa teks laporan hasil pengamatan. Setelah siswa mengetahui, memahami pengertian, ciri, sistematika, unsur serta struktur teks laporan hasil percobaan, peserta didik diajak bersama unjuk kerja kelompok yang bertujuan agar mereka bisa menerapkan apakah mereka (peserta didik) dapat memanfaatkan media yang terdapat di area madrasah untuk diamati dan akhirnya disusunlah teks laporan hasil pengamatan.

Tepatnya pada hari Selasa, 30 Juli 2019, siswa-siswi kelas IX A telah terbagi menjadi delapan kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa, dengan menyebut nama kelompoknya menggunakan nama tumbuhan yang berada di area MTs Negeri 1 Kota Surabaya. Delapan kelompok tersebut adalah Kelompok Tumbuhan Puring, Kelompok Tumbuhan Sansievera, Kelompok Tumbuhan Three Colour, Kelompok Tumbuhan Sirih Belanda, Kelompok Tumbuhan Pohon Mangga, Kelompok Tumbuhan Belimbing Wuluh, Kelompok Tumbuhan Pohon Jambu, Kelompok Tumbuhan Pucuk Merah.

Mereka ( delapan kelompok) telah siap dengan pembelajaran di luar kelasnya. Mereka melakukan pengamatan terhadap jenis tumbuhan yang sesuai dengan nama kelompok mereka. Mereka saling bekerjasama untuk membahas dan menyusun sistematika serta struktur teks laporan hasil pengamatan dari objek tumbuhan yang telah mereka amati. Sistematika teks leporan hasil pengamatan tersebut meliputi

1. Judul laporan,

2. Objek yang dilaporkan,

3. Pelapor,

4. Tujuan pelaporan,

5. Waktu pelaporan,

6. Tempat pelaporan,

7. Alat dan bahan

8. Langkah-langkah pelaporan,

9. Hasil laporan, dan

10. Simpulan.

Sedangkan struktur teks laporan hasil pengamatan di antaranya adalah

1. Pernyataan umum, berisi informasi yang mendeskripsikan secara umum tentang sesuatu yang menjadi bahan pengamatan. Tahap ini merupakan tahap pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan.

2. Uraian, berisi gambaran mengenai sesuatu yang menjadi bahan pengamatan dan dibahas swcara rinci, mengulas per bagian atau perihal lainnya.

Selama dua jam pelajaran, delapan kelompok telah berhasil menyusun teks laporan hasil pengamatannya pada kertas folio bergaris. Belum berhenti sampai di sini, selain laporan disajikan dalam bentuk tulisan, laporan juga akan dikemas dalam ketikan yang disertai dokumentasi sebagai lampiran bukti.

Ternyata kegiatan pembelajaran di luar kelas (outing class) selain dirasa lebih enjoy dan fresh juga telah membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab Bu Eni, teruslah berkarya Barokallah

22 Oct
Balas



search

New Post