ENI ERAWATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sinergitas pada Kegiatan Bimbingan Baca Qur’an MATSANESA, Generasi Qur’ani Masa Kini

Sinergitas pada Kegiatan Bimbingan Baca Qur’an MATSANESA, Generasi Qur’ani Masa Kini

Kegiatan Bimbingan Baca Qur’an (BBQ) merupakan salah satu program kegiatan yang sudah mendarah daging di madrasah kami tercinta, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Surabaya. Kegiatan Bimbingan Baca Qur’an (BBQ) ini diperuntukkan kepada seluruh siswa kelas 7 MTsN 1 Kota Surabaya. Pada awal tahun pelajaran, setelah seluruh calon siswa kelas 7 mengikuti kegiatan MATSAMA (Masa Ta’aruf Madrasah), mereka akan mengikuti tahap seleksi penempatan kelompok BBQ nya, dimulai dari kelompok Tilawati 1 hingga Tilawati 6. Terdapat beberapa ustadz/ustadzah yang turut membantu pelaksanaan kegiatan BBQ di MTsN 1 Kota Surabaya.

Di bawah naungan Kepala Madrasah, Waka Humasy akan menjadi penghubung atau jembatan jika hendak melaksanakan koordinasi termasuk evaluasi demi perbaikan di masa mendatang. Di MTsN 1 Kota Surabaya, telah dijadwalkan rapi hasil kerjasama yang baik antara pihak madrasah bersama tim ustadz/ustadzah Bimbingan Baca Qur’an tersebut. Menurut info dari Ibu Umi Chanifah, S.Pd., M.Pd., telah diagendakan untuk koordinasi rutin setiap bulan hanya dilakukan oleh tim ustadz/ustadzah BBQ bersama koordinator kegiatan BBQ, yakni Ustadzah Umi. Sedangkan untuk evaluasi pelaksanaan BBQ setiap triwulan (3 bulan sekali) dihadiri oleh seluruh tim ustadz/ustadzah BBQ bersama pihak madrasah, mulai dari Kepala Madrasah hingga para staf pimpinan madrasah.

Jumat, 1 November 2019, bertempat di ruang Kepala Madrasah terlihat adanya pertemuan yang merupakan bagian dari kegiatan koordinasi bahkan bisa berupa evaluasi kegiatan Bimbingan Baca Qur’an (BBQ) MTsN 1 Kota Surabaya. Kerjasama yang baik itu merupakan salah satu bukti sinergitas dalam kegiatan Bimbingan Baca Qur’an (BBQ) MTsN 1 Kota Surabaya, yang salah satu tujuan program kegiatan tersebut adalah untuk mencetak generasi Qur’ani, tidak hanya pandai dalam membaca Al Qur’an, tapi juga bisa memahami makna atau isi kandungannya bahkan bisa menerapkan makna atau isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap akhir tahun pelajaran (kenaikan kelas), kegiatan BBQ akan diakhiri dengan agenda kegiatan Khotmil Qur’an. Melalui beberapa proses dan seleksi siswa-siswi kelas 7 yang telah melaksanakan kegiatan BBQ, maka akan ditunjuk kurang lebih 20 siswa untuk mempresentasikan hasil selama pembimbingan bersama para ustad/ustadzah BBQ selama kurang lebih satu tahun di hadapan Bapak/Ibu guru, juga Bapak/Ibu wali murid, dan juga para orang tua yang tergabung dalam Komite Madrasah. Semua itu merupakan hasil sinergitas yang baik antara kedua belah pihak, baik pihak madrasah maupun tim para ustadz/ustadzah pada kegiatan Bimbingan Baca Qur’an (BBQ) MTsN 1 Kota Surabaya. Perlu diketahui bahwa sinergitas itu berasal dari kata ‘sinergi’ yang memiliki arti suatu bentuk dari sebuah proses atau interksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal. Dalam arti lain, sinergi merupakan hubungan timbal balik atau kerjasama yang akan menghasilkan sesuatu yang maksimal sesuai dengan harapan. Siswa MATSANESA, generasi Qur’ani yang hebat dan bermartabat. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post